Sydney (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Australia, Casey Stoner, akan kembali berlaga di balapan MotoGP di Portugal akhir pekan ini, setelah absen dalam tiga balapan karena penyakit misterius.

Stoner, juara dunia 2007, selama dua bulan belakangan ini menjalani tes medis di Australia setelah mengeluh kelelahan, tetapi telah diizinkan untuk memulai lagi balapan.

Hasil tes medis sementara menunjukkan bahwa dia mengalami tekanan darah rendah dan kekurangan sodium. Para dokter yakin hal ini mungkin disebabkan oleh latihan berlebihan dan dampak dari cedera dan operasi beberapa tahun belakangan ini.

"Kami benar-benar merasa senang bahwa Casey kembali bersama kita. Kami tidak pernah merasa ragu bahwa ia akan kembali bersama kita lagi di Estoril," kata tim Ducati-nya Stoner dalam sebuah pernyataan.

"Kami tahu bahwa ia masih belum 100 persen di puncak kebugarannya dan kami hanya berharap bahwa dalam empat balapan terakhir musim ini ia secara bertahap dapat membangun kekuatannya."

Stoner secara singkat memimpin klasemen sementara kejuaraan tahun ini setelah menjuarai dua dari lima balapan pertama dan menempati posisi ketiga pada saat ia terpaksa absen balapan.

Sejak itu posisinya melorot ke urutan keempat, 87 angka di belakang pimpinan kejuaraan, Valentino Rossi dengan maksimum 100 angka dari sisa balapan musim ini.

"Para dokter memberi saya beberapa tablet asin untuk meningkatkan sodium saya. Pada mulanya saya tidak ingin tahu apakah hal itu akan berhasil, karena saya sudah absen demikian lama, sehingga akan memerlukan waktu untuk memulihkan otot-otot saya.

"Saya sudah tak sabar lagi untuk kembali balapan," katanya.

(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009