Pekanbaru (ANTARA News) - Goncangan gempa yang berpusat di Laut Pariaman Sumatera Barat, Rabu, terasa hingga ke sejumlah wilayah di Provinsi Riau.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, goncangan gempa di Riau terjadi di Kota Pekanbaru, Dumai, Siak dan Indragiri Hilir.

Gempa di Pekanbaru menyebabkan kepanikan di kantor Gubernur Riau. Akibatnya, Gubenur Riau Rusli Zainal dan Wakil Gubenur Mambang Mit berlarian ke halaman depan.

"Belum pernah Pekanbaru diguncang gempa sekencang ini. Warga diharapkan tetap tenang dan bersiaga apabila ada gempa susulan," kata Wakil Gubernur Mambang Mit.

Kepanikan juga terlihat di pusat perbelanjaan dan mal di Pekanbaru. Ratusan orang yang berada di Mal SKA Pekanbaru terlihat histeris dan berebutan keluar pusat perbelanjaan.

Meski begitu, tidak belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Sedangkan berdasarkan laporan kontributor ANTARA di Dumai, gempa membuat kepanikan pasien dan dokter di RSUD Dumai dan RS Pertamina. Sejumlah pasien terlihat berhamburan sambil membawa infus yang masih menempel di badan mereka, hingga ada pasien yang terlihat keluar ruangan menggunakan kursi roda.

Selain itu, banyak pengguna kendaraan terutama pengendara sepeda motor terlihat menepi di pinggir jalan karena panik.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Rabu, menyatakan episentrum gempa tektonik yang terasa hingga Kota Pekanbaru berada di dasar laut dengan kedalaman 71 kilometar yang berjarak 57 kilometer arah Barat Daya Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Kekuatan gempa mencapai 7,6 skala richter dan berpotensi tsunami. Meski begitu, goncangan gempa yang mencapai Riau tidak sekuat seperti di Sumatra Barat.

Gempa terjadi pada sekitar pukul 17.16 WIB. Koordinat episentrum yakni 0,84 Lintang Selatan 99,65 Bujur Timur. Selain mengguncang sebagian wilayah Riau, gempa juga terasa hingga Mentawai dan Banda Aceh.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009