Liwa (ANTARA News) - Getaran gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) yang terjadi di 22 km Barat Daya Pariaman Sumbar pada Rabu pukul 17:38 WIB, juga dirasakan masyarakat di Kabupaten Lampung Barat.

Penduduk di kota Liwa Lampung Barat banyak yang berhamburan keluar rumah, karena getaran gempa itu dirasakan cukup kuat.

"Kami semua panik, karena getaran gempa cukup kuat yang membuat perabotan rumah kami bergetar," kata warga kota Kecamatan Balik Bukit Liwa, M Pariyadi.

Menurut BMKG, gempa berkekuatan 6,2 SR itu terjadi di wilayah laut Sumbar, namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pusat gempa berada pada 22 km Barat Daya Pariaman Sumbar, 52 km Barat Laut Padang, 66 km Barat Daya Bukit Tinggi dan 77 km Barat Daya Batu Sangkar, Sumbar.

Menurut Pariyadi, sebagian masyarakat di kota Liwa berhamburan keluar rumah, karena ditakutkan gempa ini semakin kuat.

"Masyarakat banyak yang keluar rumah, karena takut gempa ini semakin kuat, sementara itu sebagian masyarakat lebih memilih di tempat yang luas," katanya.

Sampai berita ini diturunkan, belum didapatkan laporan adanya kerusakan atau korban yang diakibatkan gempa tersebut.

Sementara itu, warga di kecamatan Sukau Lampung Barat, Lukman Sayuti (49) mengatakan, puluhan warga keluar rumah saat gempa.

"Getaran gempa itu membuat masyarakat takut untuk masuk rumah, sebab warga di sini sudah pernah merasakan dampak gempa besar," katanya.

Menurut dia, banyak perabotan rumah yang jatuh, sehingga masyarakat takut untuk berada di dalam rumah.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009