Itenas gelar lantatur tes cepat COVID-19 untuk 800 orang

Itenas gelar lantatur tes cepat COVID-19 untuk 800 orang

Petugas kesehatan mengambil sampel darah saat Drive Thru tes diagnostik cepat COVID-19 di Institut Teknologi Nasional (Itenas), Jawa Barat, Kamis (18/6/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.

Tes cepat ini merupakan yang pertama kali diadakan di sebuah kampus swasta
Bandung (ANTARA) - Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, Kamis, mengadakan layanan tanpa turun (lantatur) tes cepat COVlD-19 secara gratis kepada 800 warga Kota Bandung termasuk  para karyawan, dosen, mahasiswa dan alumni ltenas.

"'Tes cepat ini merupakan yang pertama kali diadakan di sebuah kampus swasta. Acara ini merupakan kerja sama antara Medcom.id dari Media Group bersama layanan kesehatan Homecare24 dan kami, ltenas Bandung sebagai venue acaranya," kata Rektor ltenas Prof Meilinda Nurbanasari.

Baca juga: Tes cepat, empat pedagang Pasar Leuwipanjang Bandung reaktif COVID-19

Rektor Itenas mengatakan tujuan dari acara lantatur (drive thru) tes cepat ini adalah sebagai kontribusi dari ltenas Bandung sebagai institusi swasta kepada warga Kota Bandung, Jawa Barat dan masyarakat sekitanya.

"Ini digelar untuk mempermudah masyarakat luas dalam mendapatkan layanan tes cepat secara gratis dan memutus mata rantai penyebaran  COVID-19 di Indonesia khususnya di Jawa Barat," kata dia.

Tes cepat massal di Kota Bandung itu juga turut melibatkan Klinik lltenas, puskesmas wilayah setempat, dan Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Baca juga: Tes cepat COVID-19 di Stadion GBLA batal karena penolakan warga

Berbagai dukungan juga mengalir dari KSA sebagai penyedia alat tes, Daihatsu, BNPB, Rindam III/Siliwangi dan Jasa Medivest dan acara ini berlangsung selama dua hari berturut-turut, mulai dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, di area parkir Kampus Itenas Jalan PHH Mustopa Kota Bandung.

Pada hari pertama, acara tes cepat dihadiri oleh Pangdam lll/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto didampingi oleh Rektor ltenas Prof Meilinda Nurbanasari beserta jajarannya.

Tes cepat COVID-19 tersebut diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari Kampus ltenas (terdiri dari karyawan, dosen, mahasiswa dan alumni) dan 600 peserta umum dari Kota Bandung.

Baca juga: Pemkot Bandung beri relaksasi bertahap cegah gelombang kedua COVID-19

Setelah tes berlangsung, hasil tes tersebut akan diinformasikan secara daring melalui aplikasi Homecare24.

Sebagian peserta dari kampus ltenas merupakan mahasiswa, di mana mereka dapat mendaftar melalui Kampus Itenas.

Baca juga: 200 pedagang Pasar Leuwipanjang Bandung jalani rapid test

Sementara itu, warga Bandung yang mengikuti tes cepat ini telah mendaftar di aplikasi Homecare24 yang dapat diunduh di gawai masing-masing.

Pendaftaran dirancang dengan memperhatikan standar keamanan serta kesehatan, yaitu peserta dapat memilih hari dan jam tes untuk menghindari kerumunan.

Baca juga: Wali Kota nyatakan ada tiga klaster baru COVID-19 di Bandung


 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

151 Mahasiswa Papua di Kendari terima sembako dari Polri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar