Jakarta, (ANTARA News) - Sebanyak 692 anggota MPR yang terdiri atas 560 anggota DPR dan 132 anggota DPD, Kamis, mengucapkan sumpah/ janji sebagai anggota parlemen periode 2009-2014 di Gedung MPR/DPR Senayan Jakarta.

Pengucapan sumpah/janji akan dipimpin Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Tumpa, dengan tiga kegiatan terpisah.

Acara pengucapan sumpah pada Kamis pagi sekitar pukul 10,00 WIB dilakukan oleh anggota DPR , selanjutnya pada pukul 10.30 WIB pengucapan sumpah/janji anggota DPD.

Sedangkan untuk pengucapan sumpah anggota MPR akan dilakukan pada Kamis malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Setelah pengucapan sumpah/janji, anggota DPR dan DPD periode 2009-2014 secara terpisah melaksanakan rapat paripurna pertama dengan agenda masing-masing. Setelah pelantikan, pimpinan sementara DPR dan DPD juga ditetapkan.

Rapat paripurna DPR paripurna dipimpin oleh pimpinan sementara pada pukul 13.00 WIB yang dilanjutkan dengan rapat internal kelompok partai politik (belum ditetapkan menjadi fraksi.red), kemudian dilanjutkan pertemuan konsultasi antara pimpinan DPR sementara dengan wakil kelompok partai politik.

Setelah itu, pada pukul 14.30 WIB dilakukan rapat paripurna DPR kedua yang dilanjutkan dengan rapat paripurna ketiga pada pukul 19.30 WIB tentang pengesahan jadwal, peraturan tata tertib, dan pimpinan DPR.

Sedangkan rapat paripurna DPD pertama dimulai pukul 13.30 WIB dengan agenda pengesahan jadwal acara, peraturan tata tertib serta pada pukul 14.30 WIB akan dilanjutkan rapat paripurna dengan agenda pemilihan pimpinan DPD.

Pada Kamis malam sekitar pukul 21.00 WIB akan dilakukan pengambilan sumpah/janji pimpinan DPD RI dan pada pukul 22.00 WIB dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji anggota MPR .

Sementara itu, sekitar pukul 07.00 WIB di halaman depan Gedung Nusantara MPR dilakukan apel pengamanan pelantikan anggota parlemen yang diikuti ratusan personel gabungan kepolisian dan TNI serta Pengamanan Dalam (Pamdal) MPR/DPR.

Sebagian anggota DPR dan DPD yang akan mengucapkan sumpah/janji, sejak pukul 09.00 WIB telah berdatangan ke ruangan rapat paripurna Gedung Nusantara MPR.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009