Industri gerabah Purwakarta bakal semakin dikembangkan

Industri gerabah Purwakarta bakal semakin dikembangkan

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat meninjau sentra gerabah di daerahnya. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

Hari ini ada 27 pelaku industri yang sudah ekspor, Insya Allah ke depannya akan kita bantu kembangkan lagi
Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, mendorong para pelaku industri kreatif gerabah di daerah tersebut terus meningkatkan kualitas produk mereka.

Bupati setempat Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Kamis, mengatakan pìhaknya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan terus mendorong pelaku industri keramik Purwakarta untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya.

"Insya Allah melalui Disperindag kita akan dorong industrinya, dari mulai desain sampai pemasaran. Kita akan bantu mereka supaya terus meningkatkan produksi, sehingga nantinya keramik atau gerabah khas Purwakarta terus berkembang dan pasar-pasar penjualannya akan terus bertambah," katanya saat meninjau UPTD Litbang Keramik Purwakarta, Rabu.

Industri keramik atau gerabah itu sendiri menjadi salah satu unggulan dari sektor industri kreatif di Purwakarta. Saat ini pemasaran keramik atau gerabah khas Purwakarta sudah merambah pasar internasional.

Baca juga: Bupati Purwakarta sarankan perkantoran pemkab gunakan kendi

Baca juga: Sentra gerabah Melikan dijadikan desa wisata


"Kalau saat ini sudah ekspor di 15 negara, nantinya bisa di tambah lagi. Hari ini ada 27 pelaku industri yang sudah ekspor, Insya Allah ke depannya akan kita bantu kembangkan lagi," kata Anne.

Ke depan Disperindag Purwakarta akan memfasilitasi beĊ•bagai kebutuhan yang diperlukan para pelaku industri keramik ini.

"Karena ini salah satu tempat kunjungan wisata di Purwakarta, kawasan pengembangan industri kreatif, kita akan mengembangkannya," kata Anne.

Selain itu bupati juga akan menyiapkan kembali kawasan untuk pengembangan industri kreatif lainnya di Purwakarta.

Baca juga: Kemenperin tingkatkan kemampuan perajin keramik Plered

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Asiknya berwisata membuat gerabah di Melikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar