Padang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan upaya pencarian korban gempa Sumatra Barat (Sumbar) difokuskan kepada korban yang masih hidup.

"Kita (regu penolong, red), masih terus melakukan pencarian terutama pada korban yang masih hidup," kata Yudhoyono saat meninjau lokasi gempa Sumbar di Padang, Kamis.

Tempat dikunjungi kepala negara saat itu adalah The Ambacang Hotel berlantai empat yang rata dengan tanah, akibat gempa yang terjadi Rabu sore (29/9) itu.

Presiden mengatakan, upaya pencari melibatkan unsur tim SAR, TNI/Polri dan pihak terkait lainnya.

Kepada masyarakat yang banyak datang ke lokasi gempa, Presiden mengharapkan untuk tidak mengganggu kegiatan evakuasi korban.

Hingga Kamis sore jumlah korban tewas akibat gempa Sumbar yang telah terdata di Sarkorlat mencapai 364 orang.

Korban tewas terbanyak yang telah terdata dievakuasi di Kota Padang sebanyak 197 orang tewas, 50 korban luka berat dan 1.590 luka ringan.

Korban tewas lainnya yang telah terdata masing-masing di Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 154 orang, Bukittinggi (7), Pesisir Selatan empat orang dan Kota Solok (2).

Sedangkan jumlah total korban luka berat yang telah terdata sebanyak 83 orang, luka ringan 2.094 orang.

Jumlah kerusakan bangunan yang telah terdata yakni rusak berat 740 unit, rusak sedang 200 unit dan rusak ringan 1.710 unit.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009