Yogyakarta (ANTARA news) - Kesebelasan Persipura Jayapura bertemu Persiba Balikpapan di babak final turnamen sepak bola Piala Kraton 2009 yang akan digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman pada Sabtu (3/10).

"Semula laga final Piala Kraton 2009 akan digelar Minggu (4/10). Namun, dengan mempertimbangkan berbagai hal, laga final terpaksa dimajukan satu hari dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya," kata Ketua Panitia Pelaksana Piala Kraton 2009, Hendrikus Mulyono di Yogyakarta, Jumat.

Persipura Jayapura berhasil maju ke babak final setelah dalam pertandingan terakhir mengalahkan PSIM Yogyakarta 1-0, sedangkan Persiba Balikpapan lolos ke babak penentuan juara setelah menaklukkan Pro Duta FC dengan angka 2-0.

Sebelum laga final antara Persipura melawan Persiba Balikpapan, di tempat yang sama juga akan digelar pertandingan memperebutkan peringkat ketiga antara PSIM Yogyakarta melawan Pro Duta FC.

Menurut dia, laga final antara Persipura melawan Persiba Balikpapan akan digelar setelah pertandingan memperebutkan peringkat ketiga antara PSIM Yogyakarta melawan Pro Duta FC.

"Jadi, dalam sehari akan digelar dua pertandingan. Pertandingan pertama memperebutkan peringkat ketiga, sedangkan pertandingan kedua memperebutkan mahkota juara Piala Kraton 2009," katanya.

Ia mengatakan, turnamen sepak bola Piala Kraton 2009 digelar sejak 27 September 2009. Turnamen tersebut diikuti enam tim yang terdiri atas empat dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan dua tim dari
luar DIY.

Keempat tim dari DIY itu adalah Pro Duta FC, PSIM Yogyakarta, PSS Sleman, dan Persiba Bantul, sedangkan dua tim dari luar DIY adalah Persiba Balikpapan dan Persipura Jayapura.

"Empat tim dari DIY itu merupakan peserta kompetisi sepak bola Divisi Utama Liga Indonesia, sedangkan dua tim dari luar DIY merupakan klub yang bercokol di Super Liga Indonesia," katanya.

Setelah melalui beberapa pertandingan, menurut dia, akhirnya yang lolos ke babak final adalah Persiba Balikpapan dan Persipura Jayapura yang merupakan tim Super Liga Indonesia.

"Pertandingan final antara Persiba Balikpapan melawan Persipura Jayapura tentunya akan berjalan menarik karena kedua tim sama-sama bercokol di Super Liga Indonesia akan berusaha maksimal untuk

memenangi pertandingan agar dapat memboyong mahkota Piala Kraton 2009," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009