Motorsport

Eks pebalap F1 Alex Zanardi cedera parah setelah kecelakaan di Italia

Eks pebalap F1 Alex Zanardi cedera parah setelah kecelakaan di Italia

Pebalap Italia Alex Zanardi sebelum start balapan LG Super Racing di Sirkuit Monza, Italia (19-10-2003). ANTARA/Reuters/Giampiero Sposito

Jakarta (ANTARA) - Eks pebalap Formula 1 Alex Zanardi, yang juga peraih empat medali emas Paralimpiade, mengalami cedera serius setelah kecelakaan ketika mengikuti balapan handbike di Italia, Jumat (19/6).

Zanardi bertabrakan dengan truk ketika turun di salah satu etape balap estafet Obiettivo Tricolore di Tuscany, demikian kantor berita AGI, seperti dikutip AFP.

Pria 53 tahun itu diterbangkan ke rumah sakit di Siena dan dilaporkan dalam kondisi sangat serius.

"Alex kehilangan kendali handbike-nya, terguling dua kali dan bertabrakan dengan truk trailer. Tabrakan itu mengerikan," kata pelatih timnas paracycling Italia Mario Valentini kepada harian Corriere Della Sera.

Zanardi pernah meraih dua gelar di kejuaraan CART di Amerika Serikat sebelum mendapati kedua kakinya diamputasi karena mengalami kecelakaan di trek Lausitzring, Jerman, pada tahun 2001.

Baca juga: Menguji mobil Renault 2018, Ricciardo dapat gambaran progres tahun ini

Baca juga: Hamilton nantikan mobil Mercedes yang lebih kencang

Baca juga: Duet pebalap McLaren berlatih dengan mobil F3 di Silverstone


Pebalap kebangsaan Italia itu kemudian menjadi atlet parasepeda dan memboyong empat medali Paralimpiade dari handbike pada tahun 2012 dan 2016 selain tambahan dua medali perak, dan sepuluh gelar juara dunia.

Di ajang F1, Zanardi tercatat menjalani 41 balapan dari 1991 hingga 1994, membela tim Jordan, Minardi, dan Lotus, kemudian pada tahun 1999 dia kembali ke trek bersama tim Williams.

"Saya sangat cemas dan takut tentang Alex Zanardi sehingga saya menahan napas. Saya adalah penggemarnya," cuit mantan juara dunia F1 Mario Andretti di Twitter.

Tulisan berikutnya: "Tolong lakukan seperti apa yang saya lakukan dan berdoa, berdoa untuk orang yang luar biasa ini."

Pebalap F1 dari tim Alfa Romeo Antonio Giovinazzi turut menyatakan simpatinya dan menulis Forza Alex di Twitter.
 

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar