Bandarlampung (ANTARA News) - Arus balik pemudik masih berlangsung di jalan lintas Sumatera dan umumnya tujuan Pulau Jawa melalui pelabuhan penyeberangan Bakauheni.

Berdasarkan pantauan di beberapa titik di jalinsum, Sabtu pagi, sejumlah kendaraan yang mengangkut penumpang arus balik tampak melintasi jalinsum tujuan Pulau Jawa.

Kendaraan tersebut umumnya berplat nomor Jakarta (B), dan selalu sarat penumpang dan muatan. Kendaraan itu terlihat menggunakan bagasi tambahan di kap kendaraannya.

Sehari sebelumnya, sisa penumpang arus balik juga banyak meluncur di jalinsum ke arah Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

Umumnya pekerja sektor informal dari Sumatera berangkat ke Jawa setelah aktivitas kota- kota di Pulau Jawa sudah pulih total seusai Lebaran.

Sementara itu, mayoritas PNS serta anggota TNI dan Polri sudah mulai bekerja kembali pada tanggal 24 September setelah berakhirnya libur bersama tanggal 18-23 September. Sedangkan para karyawan swasta umumnya masuk kantor lagi pada tanggal 28 September.

Mereka umumnya balik belakangan ke Jawa. Selain untuk menghabiskan waktu lebih lama bersama keluarga, juga menghindari kemacetan serta menunggu pulihnya aktivitas perekonomian kota-kota besar di Jawa.

Arus balik pekerja sektor informal diperkirakan masih berlangsung pada Sabtu dan Minggu, namun puncak arus balik pemudik telah terjadi pada Sabtu (26/9) lalu.

Bus-bus penumpang dari Rajabasa tujuan Pelabuhan Bakauheni juga terlihat dipenuhi penumpang, namun tidak sampai penuh sesak seperti pekan lalu.

Sementara itu, kendaraan pemudik dari arah Bakauheni (Jawa) tujuan berbagai daerah Sumatera jarang terlihat melintas di jalinsum.

Namun satu dua truk pengangkut bantuan untuk korban gempa di Sumbar terlihat melintasi jalan tersebut.

Truk barang yang terlihat banyak melintasi jalinsum sehingga sering terjadi kemacetan panjang di sejumlah titik, seperti perempatan jalan Kalibalok.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009