Pekanbaru (ANTARA News) - Meski Munas Golkar secara resmi baru dimulai 5 Oktober 2009, tetapi sejak kemarin (23/10) para peserta Munas partai berlambang beringin itu sudah berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia.

Para peserta ada yang datang secara berkelompok dan ada juga perorangan. Demikian juga untuk penginapan, ada yang memang sudah booking per kelompok tapi ada juga yang masih mencari-cari dimana yang bagus untuk menginap.

"Dimana ya Mbak kira-kira saya bisa dapatkan hotel yang lokasinya berdekatan dengan tempat Munas diselenggarakan," tanya seorang peninjau asal Jakarta yang datang sendirian kepada wartawan ANTARA melalui telepon, di Pekanbaru, Minggu.

Tentu saja mendapatkan hotel dekat lokasi Munas sulit karena lokasi Munas di Hotel Labersa terletak lumayan jauh dari pusat kota dan tidak ada sarana angkutan umum ke hotel ini.

Kalau pun ada yang terdekat, seperti Hotel Sahid (Garden Mayang) di Jalan Sudirman, semua kamarnya sudah penuh dipesan sebelumnya.

Kondisi inilah yang ternyata banyak tidak diketahui oleh peserta dan juga para peninjau yang datang sendiri-sendiri dan belum mem-booking hotel sebelumnya. Akibatnya mereka terpaksa keliling mencari hotel atau menanyakan ke teman yang kebetulan berdomisili di Pekanbaru.

Selain peserta yang mulai berdatangan, di Pekanbaru juga terlihat berbagai atribut dari dua pasangan calon, Abu Rizal Bakrie dan Surya Paloh, menghiasi sepanjang jalan dari bandara menuju Hotel Labersa, tempat acara Munas yang berlokasi sekitar 15 menit dari bandara.

Munas Golkar ke VIII ini menurut agenda akan dibuka oleh Ketua Umum DPP Golkar Jusuf Kalla Senin 5 Oktober pukul 20.00 WIB.

Pada tanggal 6 Oktober mulai berlangsung rapat-rapat paripurna yang isinya antara lain pengesahan jadwal acara, pengesahan tatib, pemilihan pimpinan Munas ke VIII, penyampaian pertanggungjawaban DPP Golkar 2004-2009, penyampaian pemandangan umum, pembentukan komisi-komisi.

Sedangkan Rabu, 7 Oktober 2009, agenda Munas adalah sidang-sidang komisi, laporan hasil komisi, penjelasan tentang persyaratan dan tata cara pemilihan ketua umum dan formatur, pendaftaran untuk jadi bakal calon ketum, verifikasi bakal calon, penetapan bakal calon, hingga pemilihan ketum dan formatur.

Acara Munas ditutup pada Kamis, 8 Oktober 2009. Pada hari terakhir, agendanya adalah laporan hasil formatur, pengukuhan pengurus baru 2009-2014, penyerahan hasil-hasil munas kepada ketum terpilih, penyerahan panji-panji partai Golkar serta acara penutupan.
(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009