Yogyakarta (ANTARA News) - Kawanan perampas sepeda motor yang biasa beraksi lintas kota, Minggu pagi diringkus Tim Reskrim Poltabes Yogyakarta setelah kejar-kejaran.

"Dalam melakukan aksinya kawanan perampas sepeda motor ini mengaku sebagai `debt collector` sebuah perusahaan pembiayaan dan selama ini wilayah yang menjadi sasaran kejahatan mereka adalah Jawa Tengah dan DIY," kata Kasat Reskrim Poltabes Yogyakarta, Kompol Syaiful Anwar, Minggu.

Menurut dia, kawanan pelaku perampasan yang dibekuk tersebut adalah Agus (27), Susanto (31), Rohmi (32) dan Agung (28) semuanya warga Semarang Barat, Jawa Tengah.

"Sedangkan dua tersangka lainnya berhasil kabur dengan membawa sepeda motor korban," katanya.

Menurut dia, penangkapan terhadap para pelaku tersebut bermula dari laporan kasus perampasan sepeda motor di Jalan Suryowijayan-Malioboro pada Minggu dinihari sekitar pukul 01.30 WIB yang menimpa korban Titus Kurniawan (26) warga Juminahan, Danurejan, Yogyakarta.

"Saat itu korban hendak menuju Malioboro, namun sampai di lokasi ia dihentikan sejumlah orang yang mengendarai mobil dan langsung merampas sepeda motor milik korban dengan ancaman kekerasan," katanya.

Mendapat laporan kejadian tersebut, pihaknya langsung berupaya melakukan pengejaran terhadap kawanan pelaku dan akhirnya kami menemukan mobil dengan ciri yang sama di kawasan Gondomanan, Yogyakarta.

"Namun saat kami minta untuk berhenti, mobil tersebut justru kabur ke arah selatan dan sesampai di daerah Bakulan, Bantul kami terpaksa menembak ban belakang mobil dan baru mereka berhenti," katanya.

Dalam pemeriksaan sementara kawanan perampas sepeda motor ini mengakui semua perbuatannya hanya saja sepeda motor milik korban berhasil dibawa kabur kawanan mereka.

"Kami masih melakukan pengejaran terhadap dua pelaku yang kabur tersebut dan kami yakin dalam waktu dekat ini dapat menangkap keduanya," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009