Jakarta (ANTARA News) - Kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhohono-Boediono akan segera sebelum 23 Oktober mendatang atau setelah pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Pada 20 Oktober Presiden dilantik dan tanggal 23 Presiden harus berangkat ke Hua Hin Thailand, jadi bisa ditebak kemungkinannya sebelum itu," kata Mensesneg Hatta Rajasa di Istana Negara Jakarta, Selasa.

Sampai sekarang, menurut Hatta, Presiden belum melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap para calon menteri untuk kabinetnya.

"Kalau sudah fit and proper test itu pasti akan sangat transparan, akan ada orang-orang yang keluar masuk kediaman presiden SBY di Cikeas," kata Hatta.

Dia mengakui belum mengetahui nama-nama calon menteri yang akan ditunjuk SBY, termasuk apakah dirinya juga akan kembali menjabat menteri atau tidak, namun menurutnya masih ada sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu yang kembali duduk di kabinet mendatang.

"Saya tidak bisa bilang mayoritas, tapi ya masih ada orang-orang lama," katanya.

Mengenai struktur kabinet mendatang, Hatta mengatakan kemungkinan besar tidak akan berubah dengan jumlah departemen dan kementerian sebanyak 34.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009