Padang (ANTARA News) - Raja Saudi Arabia akan memberikan bantuan dana sebesar 50 juta Dolar Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia sebagai bantuan kemanusian bagi korban gempa di Sumatra Barat.

Bantuan disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan akan masuk rekening Departemen Keuangan RI dan selanjutnya disalurkan ke Sumbar, kata Ketua Harian Sarkorlak Penanggulangan Bencana Sumbar, Marlis Rahman di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan, semua bantuan asing dalam bentuk dana harus melalui Presiden RI dan telah dibuka rekening khusus oleh Departemen Keuangan RI untuk menampungnya sebelum disalurkan ke Sumbar.

Selain dari Saudi Arabia, kata Marlis, Presiden AS, Barack Obama juga sudah menelpon Presiden Yudhoyono untuk menyampaikan bantuan dana kemanusiaan 10 juta dolar AS untuk korban gempa di Sumbar.

Bantuan asing terus diberikan buat Sumbar dan yang telah datang adalah ratusan relawan dan tim SAR dari lebih 51 lembaga internasional asal Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Amerika Serikat, Swiss, swedia, Jerman, Prancis, Hungaria, Saudi Arabia, Turki, Kanada dan negara-negara lainnya.

Tim SAR asing yang juga membawa puluhan anjing pelacak telah berdatangan sejak hari kedua pasca gempa, Kamis (1/10) dan telah ikut melakukan pencarian korban di banyak titik di padang dan Padang Pariaman.

Bantuan peralatan juga dikirim pihak asing ke Sumbar, seperti truk-truk militer, ambulance, rumah sakit lapangan dan peralatan penaar air laut.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009