Kendari (ANTARA News) - Bunyi ledakan yang terjadi di sekitar Teluk Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) Kamis pukul 11:00 Wita, sempat menggegerkan masyarakat di kawasan pesisir pantai di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Samsu, salah seorang warga di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka saat dikonfirmasi melalui telepon dari Kendari, Kamis, membenarkan adanya bunyi ledakan dan asap yang terlihat dari kejauhan di tengah laut.

"Awalnya, ada suara ledakan kemudian muncul asap dari jarak pandang yang cukup jauh di tengah laut membuat warga saat itu kaget dan menduga adanya pesawat jatuh," katanya.

Akibat suara ledakan itu, menyebar kabar dari di masyarakat di Kabupaten penghasil kakao dan cengkeh itu panik dan ketakutan jangan-jangan pesawat yang jatuh di perairan itu.

Salah seorang petugas operasional SAR Kendari, Bambang Sugeng yang ditemui di kantor SAR Kendari, terkait adanya informasi bunyi ledakan yang diduga jatuhnya sebuah pesawat di Kabupaten Kolaka mengatakan informasi itu simpang siur.

"Kami belum menerima laporan terhadap dugaan adanya pesawat jatuh yang meledeka disebuah perairan laut Kabupeten Kolaka atau dekat Teluk Bone tersebut," katanya.

Ia mengaku, sejak pukul 12.00 wita hingga sore tadi, cukup banyak masyarakat yang datang ke kantor SAR Kendari untuk mengetahui kepastian informasi terkait apakah hanya sekedar bunyi ledakan ataukah memang ada pesawat yang jatuh.

Kapolres Kolaka, AKBP Moh Rodjak Sulaeli kepada wartawan, membenarkan adanya informasi ledakan keras dan asap yang didengar masyarakat setempat.

Namun ia menepis bila ledakan bunyi yang didengar masyarakat itu merupakan benda dari jatuhnya pesawat.

Ia mengatakan, setelah menerima informasi dari masyarakat pihaknya langsung menurunkan tim untuk mengecek, akan tetapi sampai hari ini belum dipastikan benda apa yang jatuh tersebut yang menimbulkan suara ledakan dan asap tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009