Jakarta, 9/10 (ANTARA) - Kerusakan infrastruktur pariwisata berupa hotel, restoran dan obyek wisata di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) akibat peristiwa gempa cukup parah. Kondisi serupa juga terjadi pada fasilitas bangunan cagar budaya (BCB) seperti tiga rumah gadang juga rusak parah.
   
     Pemkot Pariaman memperkirakan kerugian dari kerusakan fasilitas kebudayaan dan pariwisata (Budpar) di Kota Pariaman tersebut mencapai Rp 6,680 miliar . Untuk kerusakan obyek wisata di Pantai Kata, Pantai Cermin, dan Pantai Gandoriah kerugiannya mencapai Rp 4,430 miliar, hotel/penginapan  dan restoran Rp 1,250 miliar, dan benda cagar budaya Rp 1 miliar.
   
     Fasilitas hotel dan pengeniapan yang rusak adalah  Hotel Nan Tongga, Hotel Tazkia, Penginapan Cindua Mato, Hotel Syafira, Hotel AtamiBe dan Wisma Esra. Sedangkan restoran dan rumah makan yang rusak berat sebanyak 20 unit,  rusak menengah 32 unit, dan rusak ringan 42 unit.
   
     Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Surya Dharma,Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009