Atletik

New York City Marathon tahun ini batal karena COVID-19

New York City Marathon tahun ini batal karena COVID-19

Suasana usai New York City Marathon 2019, 3 November 2019. ANTARA/REUTERS/BRENDAN MCDERMID

Jakarta (ANTARA) - New York City Marathon, salah satu ajang bergengsi di kalender lari dunia, tahun ini resmi dibatalkan karena pandemi COVID-19, demikian penyelenggara pada Rabu.

New York Road Runner (NYRR), bekerja sama dengan kantor walikota setempat, menyatakan keputusan untuk membatalkan ajang lari maraton terbesar di dunia itu karena kekhawatiran terhadap kesehatan dan keselamatan para pelari, penonton dan setiap staf yang terlibat di tengah pandemi yang belum mereda.

"Membatalkan TCS New York City Marathon tahun ini sangat mengecewakan bagi setiap orang yang terlibat, tapi ini adalah langkah pasti yang kita ikuti dari perspektif kesehatan dan keselamatan," demikian Chief Executive NYRR Michael Capiraso seperti dikutip Reuters.

Baca juga: London Marathon 2020 belum pasti 4 Oktober
Baca juga: Boston Marathon dibatalkan karena COVID-19


Lomba maraton 42km yang seharusnya digelar di New York pada 1 November itu bisa diikuti oleh 50.000 pelari dan ditonton lebih dari satu juta orang.

Mantan pemenang New York City Marathon Meb Keflezighi sangat menyayangkan lomba tersebut dibatalkan tahun ini.

"Keputusan ini tidak pernah mudah, tapi menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat selalu menjadi keputusan yang tepat. Aku akan jumpa kalian lagi di NYC untuk edisi ke-50 pada 2021," kata Keflezighi di Twitter.

Para pelari yang telah mendaftar di lomba yang sedianya digelar untuk merayakan hari jadi ke-50 tahun perhelatan itu bisa menguangkan kembali biaya pendaftaran atau menyimpannya untuk ikut serta di salah satu edisi di tiga tahun ke depan.

Dari enam turnamen mayor maraton dunia, tiga di antaranya telah dibatalkan tahun ini karena krisis kesehatan global, yaitu New York, Boston dan Berlin Marathon.

Boston Marathon yang sedianya digelar April kemudian ditunda untuk September pada akhirnya harus dibatalkan untuk pertama kalinya dalam 124 tahun terakhir sejarahnya.

Penyelenggara Berlin Marathon juga harus membatalkan agenda mereka pada 26-27 September karena pemerintah setempat melarang ajang perkumpulan yang terdiri lebih dari 5.000 orang hingga 24 Oktober.

Sedangkan Tokyo Marathon berlangsung 1 Maret dengan diikuti oleh pelari elite saja. London menunda maratonnya dari 26 April ke 4 Oktober, dan Chicago Marathon masih dijadwalkan untuk 11 Oktober.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Maybank Marathon 2020 batal digelar
Baca juga: Mo Farah bertekad pecahkan rekor dunia di Brussels

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Atletik persembahkan 3 medali emas dalam ASG 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar