Manado (ANTARA News) - Warga Minahasa pecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui kegiatan sailing pass  600 perahu `Bolotu` di Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut).

"Kegiatan pemecahan rekor nasional itu sebagai bentuk kepedulian mengangkat Minahasa menjadi daerah tujuan wisata," kata Kabag Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Vicky Tanor, di Manado, Sulut, Sabtu.

Perahu nelayan Minahasa itu mengundang perhatian dan decak kagum para pengunjung Danau Tondano.

Perahu-perahu itu diatur mengelilingi Danau Tondano dari objek wisata Sumaru Endo di Kecamatan Remboken hingga finis di Desa Tasuka Kecamatan Kakas.

Kegiatan disponsori Pemkab Minahasa bersama Institut Kebudayaan Sulut yang dikoordinator Kombes Pol Benny Mamonto, akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan unik, seperti menangkap ikan tanpa bantuan alat apapun.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 600 peserta itu dinilai terbanyak dalam sejarah sailing pass di danau, sehingga pantas dan layak masuk Rekor Muri.

"Pemkab Minahasa akan terus mengembangkan dan memperkenalkan semua potensi daerah ditingkat nasional dan internasional, untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat, "kata Tanor didampingi Camat Remboken, Sammy Kaawoan.

Sementara itu, Mamonto mengatakan, kegiatan pemecahan rekor nasional itu untuk terus mempromosikan budaya dan potensi alam Sulut secara nasional dan internasional.

"Promosi budaya dan kekayaan alam menjadi harga mati bagi siapapun di Sulut, sehingga menjadi tujuan wisata lebih besar," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009