Manado (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke 1.168 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah ini.

"Mulai 12 hingga 13 Februari kami akan mendistribusikan logistik pemilu hingga ke TPS," kata Ketua KPU Kabupaten Minahasa Rendy Suawa di Tondano, Minggu.

Rendy memastikan H-1 sebelum pemungutan suara Pemilu 2024, semua logistik pemilu sampai ke TPS.

Selama distribusi logistik pemilu, kata dia, dikawal ketat oleh kepolisian. Dipastikan pula aman dan tidak rusak karena hujan dan faktor lainnya.

Menurut dia, hal tersebut sangat penting karena cuaca akhir-akhir ini kurang bersahabat, curah hujan cukup tinggi.

Oleh karena itu, lanjut Rendy, harus dikawal ketat dan dipastikan semuanya aman dan tidak ada yang rusak karena basah.

Logistik yang mulai didistribusikan besok bisa berjalan sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan, termasuk skema distribusi logistik yang sudah pertimbangkan berbagai hal.

Ia mengatakan bahwa kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) punya kewajiban untuk mengecek kembali logistik yang mereka terima, baik dari segi jumlah maupun jenisnya harus sesuai.

Baca juga: KPU Makassar distribusi logistik pemilu ke area kepulauan
Baca juga: TNI AL kerahkan kapal-kapalnya bantu distribusi logistik pemilu


Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024