Bandung (ANTARA News) - Film garapan sutradara senior Chaerul Umam "Ketika Cinta Bertasbih 2" mendapatkan apresiasi dan sambutan hangat dari para warga negara Indonesia dan warga Hongkong.

"Alhamdulillah kita ngak nyangka banget ternyata Film KCB 2 ini direspon baik oleh WNI yang ada di Hongkong bahkan warga Hongkongnya sendiri," ujar salah seorang pemain Film KCB 2, Andi Arsyil Rahman, usai menghadiri acara Meet and Greet Film KCB 2 di Kota Bandung, Sabtu.

Ia mengatakan, film KCB 2 yang diputar di Sunbean Theater ini dipadati ribuan orang sejak hari pertama pemutarannya di Hongkong yakni 4 Oktober 2009.

"Memang kebanyakan yang nonton buruh migran Indonesia yang ada di Hongkong, tapi yang membuat saya tertegun ialah ada seorang ibu warga negara Hongkong yang memuji film ini dan memaksa untuk makan malam bersama keluarganya," ujar pemeran Furqon dalam Film KCB tersebut.

Dikatakan Arsyil, saap akrab Andi Arsyil Rahman, selain di putar di Hongkong, Film "Ketika Cinta Bertasbih 2" ini juga akan diputar di tujuh negara lain seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Mesir, Taiwan dan Makao.

"Saat ini dari tujuh negara, Film KCB 2 ini baru diputar di Hongkong dan Taiwan, sisanya dalam waktu dekat," ujar pria yang berkuliah di tiga universitas sekaligus ini.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, mega film Ketika Cinta Bertasbih yang diangkat dari novel best seller Asia karya Habiburrahman El Shirazy akhirnya dapat diangkat ke layar lebar pada tahun 2009.

Film pertamanya, "Ketika Cinta Bertasbih" diputar serentak di seluruh Indonesia mulai 11 Juni 2009 dan sekuelnya Ketika Cinta Bertasbih 2 diputar serentak di tanah air mulai 17 September 2009.

Film yang diarahkan oleh sutradara kenamaan Chaerul Umam ini diperankan oleh 5 pemain utama hasil audisi di 9 kota besar Indonesia, mereka antara lain Cholidi Asadil Alam (sebagai Khairul Azzam) dari Pasuruan, Oki Setiana Dewi (sebagai Anna Althafunnisa) dari Batam, Alice Norin (sebagai Eliana Pramesti) dari Jakarta, Andi Arsyil Rahman (sebagai Furqon) dari Makassar dan Meyda Sefira (sebagai Ayatul Husna) dari Bandung.

Tentu saja akting mereka tidak kalah bagus dengan artis-artis ternama yang juga hadir di film ini seperti Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Didi Petet, El Manik, Niniek L Karim, Meidiana Hutomo, serta Cut Yanti.

Dalam Film KCB 2 selain menampilkan bintang utama KCB, beberapa selebritis papan atas seperti Dude Harlino dan Asmirandah ikut memeriahkan film tersebut.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009