Khofifah: Waspadai narkoba bermetamorfosis dalam berbagai bentuk

Khofifah: Waspadai narkoba bermetamorfosis dalam berbagai bentuk

Foto Dok - Petugas menguji narkotika sebelum dimusnahkan di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. (ANTARA Jatim/Didik Suhartono)

Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan bahwa generasi muda agar selalu waspada karena saat ini narkoba telah bermetamorfosis dalam berbagai bentuk.

"Sudah banyak bentuknya yang diubah dan itu dilakukan untuk mengelabui aparat serta membuat pengonsumsinya ketergantungan," ujar Khofifah di Surabaya dalam rangka memperingati Hari Antinarkotika Internasional (HANI), Jumat.

Menurut dia, para pelaku penyalahgunaan kerap mengubah bentuk narkoba, lalu mengemasnya dalam bentuk lain, seperti makanan dan mainan atau tidak lagi berupa pil maupun bubuk.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta raih penghargaan BNN RI pada perayaan HANI 2020

Pengedar narkoba, kata dia, saat ini semakin pintar mengemas barang haram tersebut sehingga wajib diwaspadai tak hanya oleh aparat, tapi juga seluruh masyarakat.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga memperingatkan orang tua lebih peduli dan hati-hati karena saat ini narkoba mengincar anak-anak.

Di beberapa tempat, lanjut dia, juga telah ditemukan narkoba berbentuk jajanan anak-anak, bahkan tingkat taman kanak-kanak (TK) maupun pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Perlu kewaspadaan bagi orang tua untuk selalu cek dan ricek anaknya sedang di mana, bergaul dengan siapa, dan yang penting komunikasi harus lebih dekat serta harmonis," kata mantan menteri sosial tersebut.

Khofifah juga menyampaikan bahwa seseorang yang menyalahgunakan narkoba biasanya disebabkan masalah keluarga dan kurangnya perhatian orang tua.

"Situasi ini menjadi keprihatinan bersama. Ingat, keluarga adalah benteng utama menghindari penyalahgunaan narkoba," tutur dia.
***2***

Baca juga: Menpan RB minta instansi bersinergi cegah narkoba di lingkup ASN
Baca juga: Artis yang bangkit dari narkoba dan sukses berkarya
Baca juga: Puan: Perkuat kerja sama global berantas narkoba

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Khofifah & Doni Monardo pantau aktivitas Gunung Semeru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar