Jakarta,(ANTARA News) - Rapat konsultatif fraksi-fraksi untuk pembentukan komisi di DPR menyepakati bahwa DPR perode 2009-2014 tetap dengan 11 komisi sama seperti DPR periode sebelumnya.

Ketua DPR Marzuki Ali di Jakarta, Selasa, mengatakan, fraksi-fraksi di DPR sepakat jumlah komisi tetap 11 demikian juga mitra komisinya tetap mengacu pada mitra komisi seperti periode sebelumnya, tapi ada tambahan badan-badan yang akan dimasukka ke komisi-komisi.

"Pertimbangannya, DPR harus segera bekerja sehingga jumlah komisi lebih efektif tetap 11 komisi," kata Marzuki Ali di sela rapat konsultatif pembentukan komisi bersama fraksi-fraksi di gedung DPR.

Sampai Selasa siang agenda rapat belum sampai pada formasi komposisi ketua-ketua komisi, karena baru akan dibahas usai istirahat makan siang.

Dikatakannya, fraksi-fraksi menghargai rekomendasi yang disampaikan panitia khusus (Pansus) tata tertib DPR periode 2004-2009 yang merekomendasikan sebanyak 15 komisi.

"Kami memahami rekomendasi Pansus sebanyak 15 komisi dengan mempertimbangkan banyak hal untuk efektivitas kerja komisi dengan mitranya agar terjadi suasana intens dan substansial," kata Marzuki.

Namun fraksi-fraksi menilai, penambahan komisi ini konsekuensinya banyak yang perlu dipertimbangkan meliputi kesiapannya sumber daya manusia, anggaran, dan ruangan, sehingga fraksi-fraksi di DPR sepakat jumlah komisi tetap 11.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009