untuk Perkuat Pembayaran Mikro dan Friendster Wallet

     Kuala Lumpur, 15 Oktober (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet)-- Provider Landasan Pembayaran Utama untuk Memungkinkan Pembayaran Pra-bayar bagi Hadiah, Barang dan Game buat 115 Juta Pengguna Friendster.

     Friendster, Inc., jejaring kondang global yang berpusat pada lalulintas, hari ini mengumumkan kemitraan global dengan MOL AccessPortal Berhad (MOL), provider berbayar utama yang menyediakan jaringan kerja bagi lebih dari 500.000 saluran berbayar maya dan fisik di seluruh dunia, guna memperkuat Friendster Wallet dan landasan pembayaran yang memungkinkan pengeluaran irit bagi lebih dari 115 juta pemakai Friendster. Friendster Wallet akan mendukung berbagai metode pembayaran termasuk kartu pra-bayar, pembayaran tagihan telefon genggam, pembayaran online dan pembayaran kartu kredit. Kemitraan tersebut dijadwalkan diresmikan paling lambat dalam upacara penandatanganan resmi di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 15 Oktober, di Berjaya Times Square Hotel & Convention Center. Kedua jenis landasan pembayaran itu dan wallet mula-mula akan diluncurkan di Malaysia, dan akan bergerak dalam waktu beberapa pekan ke seluruh Asia Tenggara serta secara global.

     Landasan pembayaran baru Friendster dan wallet sangat mendasar untuk memungkinkan beberapa arus penghasilan baru dan tambahan yang diperoleh dari pelaksanaan hubungan financial dan transaksi dengan penggunanya. Dalam waktu dekat Friendster akan memperkenalkan game, barang dan hadiah maya, sehingga mengubah Friendster jadi tujuan yang kian menyenangkan, dan hiburan online bagi pengguna dan teman mereka.

     Tawaran hiburan baru itu akan gratis digunakan dan juga akan mencakup unsur premium pilihan yang akan menggerakkan arus penghasilan baru dalam jumlah besar- yang semuanya terbukti sebagai model usaha dan penghasilan di Asia, tempat Friendster menjadi jejaring kenamaan. Arus penghasilan baru yang berlandasan transaksi itu adalah tambahan bagi model penghasilan penajaan dan iklan Friendster saat ini yang menjadi bagian terpadu dari kegiatan usaha yang bergerak maju dan pengalaman pengguna.

     Karena kebanyakan konsumen muda di Asia tak memiliki kartu kredit, ketersediaan metode pembayaran pilihan adalah dasar utama pengguna Friendster untuk membelanjakan dan melakukan transaksi di dalam masyarakat. Friendster Wallet akan menawarkan metode pembayaran pilihan penting seperti kartu "penambahan pulsa" pra-bayar, yang dapat dibeli di toko nyaman yang selalu tersedia, seperti 7-Eleven. Pengguna dapat membeli kartu fisik prabayar di ribuan lokasi offline di seluruh Asia secara kontan, dan kemudian memasuki kode unik dari kartu tersebut ke dalam Friendster Wallet untuk menerima uang sebagai kredit di dalam akunnya. Friendster akan menyimban balans akun dan memungkinkan pengguna melakukan pembelian di Friendster.com untuk membayar hadiah, game, barang dan layanan.

     Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, MOL akan menyediakan beragam kemampuan pembayaran bagi pengguna Friendster, termasuk penanganan penipuan, dukungan bagi metode pembayaran berlipat, kartu fisik pra-bayar, penanganan transaksi, dan wallet maya. Sebagian metode pembayaran itu, yang didukung MOL, dioperasikan oleh MOL secara langsung, dan sebagian disediakan melalui integrasi dengan provider pihak ketiga, seperti PayPal. Landasan MOL digunakan hari ini pada berbagai jejaring berskala besar dan mendukung pembayaran transaksi seputar barang, layanan, hadiah, game online, isi premium, dan perdagangan elektronik bagi pengajuan aplikasi dan integrasi pihak ke-3.

     Friendster Wallet akan memungkinkan kredit yang disimpan bagi masing-masing pengguna Friendster dalam bentuk mata uang yang disebut "Friendster Coins". Itu dapat dibelanjakan di seluruh tempat Friendster untuk membayar barang dan layanan. Wallet tersebut juga akan meliputi mata uang pasar non-moneter yang disebut "Friendster Chips" -- yang mendanai promosi yang berdasarkan insentif, mendidik pengguna mengenai bagaimana Friendster Wallet beroperasi (dan cara memberi hadiah kepada teman-teman mereka), sebagai alat pemasaran untuk digunakan sejalan dengan tawaran khusus, dan sebagai program loyalty guna mendorong berlanjutnya pra-pembayaran dan pengeluaran di Friendster.

     "Kami sangat bergairah untuk bekerja sama dengan MOL, karena mereka adalah pemimpin landasan pembayaran di seluruh pasar utama di Asia," kata Richard Kimber, Kepala Pejabat Pelaksana di Friendster. "Persis seperti PayPal menghapuskan 'gejolak pembayaran' di pasar eBay yang berhasil secara global bagi pembeli dan penjual, MOL akan membantu Friendster mengirim banyak arus penghasilan baru dan penting melalui penguatan secara mulus transaksi mikro bagi banyak fitur isi dan hiburan premium."

     "Melalui kemitraan strategis ini, kami akan memungkinkan banyak pengguna membayar barang dan layanan online, untuk pertama kali, dan dalam melakukan itu, menciptakan ekosistem transaksi yang berharga di Friendster," kata Ganesh Kumar Bangah, Presiden dan Kepala Pejabat Pelaksana di MOL. "Kami sangat ingin mengembangkan landasan pembayaran kami secara eksponen melalui hubungan ini, karena kedua perusahaan akan memperoleh keuntungan dari pengeluaran dan loading yang terus-menerus di dalam Friendster Wallet".

     Untuk peluncuran, Friendster Wallet akan mendukung beragam pilihan pembayaran termasuk kartu pembayaran pra-bayar; yang tersedia di seluruh Asia Tenggara, dan dapat dibeli di pertokoan yang menyenangkan seperti 7-Eleven di Malaysia dan Filipina, toko telefon genggam seperti Oke Shop di Indonesia, kios seperti AXS di Singapura dan jejaring kafe maya di Malaysia, Singapura, Thailand, Indonesia dan Filipina. Wallet tersebut juga akan mendukung pembayaran rekening telefon genggam dari Singtel GX Credits dan Indosat iPay. Pembayaran perbankan online dari Maybank, CIMB Bank, RHB Bank, Citibank Singapore, UOB dan DBS juga akan diterima serta pembayaran kartu kredit dari American Express, Visa dan Mastercard.

     Untuk bergerak ke depan, Friendster Wallet akan diperluas ke pihak ketiga seperti mitra, penerbit game, pengembang aplikasi dan lain-lain. API pembayaran itu akan memungkinkan pihak ketiga memperkokoh Friendster Coins sebagai metode pembayaran atau menyatukan Friendster Coins di dalam jejaring, produk, aplikasi dan game mereka.

     Acara yang diluncurkan direncanakan meliputi taklimat, upacara penandatanganan, dan sambutan oleh Richard Kimber dan Ganesh Kumar Bangah, masing-masing CEO Friendster dan MOL.

     Mengenai Friendster
     Dengan lebih dari 115 juta anggota di seluruh dunia, Friendster adalah jejaring sosial online kenamaan global. Friendster dipusatkan perhatian pada kegiatan membantu orang tetap dapat berhubungan dengan teman dan menemukan kondisi dan orang baru yang penting buat mereka. Friendster adalah salah satu laman terbaik yang memungkinkan orang secara berarti berpartisipasi dengan orang lain dengan cara yang menyenangkan dan menggairahkan. Friendster bangga dengan dirinya dalam menyampaikan lingkungan interaktif, bersahabat dan mudah digunakan, tempat pengguna dapat dengan mudah berhubungan dengan siapa saja di seluruh dunia melalui www.friendster.com atau m.friendster.com dari setiap perangkat bergerak yang siap menggunakan Internet. Friendster memiliki portofolio paten yang berkembang dan dijamin pada perusahaan serta jejaring social, dengan lebih banyak lagi diperkirakan tersedia dalam beberapa bulan ke depan. Friendster, yang bermarkas di Mountain View, California, didukung oleh Kleiner Perkins Caufield & Byers, Benchmark Capital, DAG Ventures, IDG Ventures dan penanam modal perorangan.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi: www.friendster.com.

     Mengenai MOL
     MOL adalah Perusahaan Status Malaysia MSC yang mengoperasikan dan mengembangkan sistem pembayaran. MOL menangani lebih dari 60.000.000 transaksi pembayaran per tahun dengan volume pembayaran tahunan lebih dari 200 juta dolar AS. MOL menggunakan jaringan kerja lebih dari 500.000 saluran maya dan fisik di seluruh lebih dari 75 negara dan memiliki hubungan dengan 65 bank di 15 negara di seluruh dunia untuk mengoperasikan produk pembayaran pentingnya, terutama MOLePoints: satu sistem pembayaran mikro online bagi isi dan layanan, MOLeTopUp: prasarana penyebaran pra-bayar elektronik, MOL Freedom: kartu pembayaran pra-bayar banyak aplikasi, Gameshive: aggregator pembayaran game online, MOL Wings: aggregator pembayaran bagi penyedia layanan Internet dengan- dan tanpa-kabel, MOL Zone: layanan pembayaran rekening telefon genggam banyak aplikasi, dan MOL Safepay: sistem pembayaran yang berdasarkan wasiat bagi pedagang kecil.

     MOL diakui sebagai salah satu perusahaan teknologi yang berkembang paling cepat di Asia Pasifik dalam Deloitte Technology Fast 500 Asia Pacific Awards pada 2005 dan 2006 dan telah meraih Merit Award bagi Best of E-Commerce Application di MSC Asia Pacific ICT Awards.

     SUMBER: Friendster, Inc.

     KONTAK: Jeff Roberto dari Friendster
     +1-650-237-1411
     press@friendster.com

     atau Halida Abu Bakar dari MOL AccessPortal Berhad
     +603.2082


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009