Madrid, (ANTARA News) - Villarreal dan Atletico Madrid melanjutkan perjuangan dalam La Liga setelah keduanya terpuruk dalam kekalahan tak terduga, Minggu.

Xerez yang mendapat promosi, bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Villarreal 2-1 dan menghasilkan kemenangan pertama mereka dalam La Liga, dan mengirim tim tamu ke posisi terbawah dalam klasemen, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Atletico dibabat 0-3 oleh Osasuna, kemasukan seluruh ketiga gol pada setengah jam pertama di Pamplona.

Xerez, yang mencetak satu gol dan hanya mengumpulkan dua poin dari enam pertandingan pertama mereka dalam liga papan atas Spanyol, tertinggal setelah gol pada menit ke-17 dari Robert Pires.

Namun Villarreal, yang juga masih mencari kemenangan pertama mereka di bawah pelatih baru Ernesto Valverde musim ini, dimentahkan menjadi 1-1 ketika Mario Bermejo menyundul masuk pada sudut sebelum turun minum.

Xerez mencetak gol kemenangan yang kontroversial 10 menit menjelang akhir ketika elakkan kiper Villarreal Diego Lopez membentur lengan seorang penyerang dan Antonito mengangkat bola kembali ke gawang yang kosong.

Xerez naik ke posisi 18 dengan lima poin, satu poin di atas Malaga, yang kalah 1-2 dari Almeria, dan Villarreal yang mengumpulkan tiga poin.

"Kami beruntung tetapi Anda harus mencari keberuntungan," kata pelatih Xerez Jose Angel Ziganda kepada wartawan.

"Ini langkah kecil, tetapi sangat penting dari sudut pandang psikologi...sekarang kami tidak terbawah lagi."

Valverde menangisi keputusan wasit untuk gol kemenangan dan menepis pertanyaan mengenai masa depannya.

"Para pelatih selalu bermain untuk posisi mereka," katanya.

"Sekarang kami di posisi terbawah dan kami tidak bisa turun lagi jadi satu-satunya jalan adalah naik."

Pertahanan Atletico tidak mampu mengatasi kekuatan Walter Pandiani saat melawan Osasuna, striker asal Uruguay itu menyundulkan gol pertama saat pertandingan baru berlangsung empat menit.

Ia menyundul gol kedua dari tendangan bebas pada menit ke-25 dan Carlos Aranda menyarangkan yang ketiga empat menit kemudian meninggalkan Atletico hanya dengan satu kemenangan liga musim ini. Tim Abel Resino itu bercokol di posisi ke-15 dengan enam poin dari tujuh pertandingan.

Pemimpin klasemen Barcelona memuncaki klasemen dengan 19 poin kendati ditahan imbang 0-0 di Valencia pada Sabtu.

Real Madrid memperkecil selisih angka menjadi satu poin dengan kemenangan 4-2 atas Real Valladolid.

Sevilla di posisi ketiga kendati kalah 0-1 dari Deportivo Coruna yang juga sama-sama mengumpulkan 15 poin.

Dua gol dari Aritz Aduriz membantu Real Mallorca naik ke posisi kelima dengan 13 poin melalui kemenangan 3-1 atas Getafe. Valencia di urutan keenam dengan 12 angka.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009