Jakarta (ANTARA News) - Timnas senior Indonesia akhirnya batal tanding uji coba internasional melawan Iran pada 7 Nopember sebagai persiapan menghadapi laga kualifikasi Piala Asia 2011.

"Laga uji coba ke Iran dibatalkan. Untuk saat ini, di Iran dan Irak, mereka sedang menjalani kompetisi. Jadi sulit untuk dapat mengurus masalah uji coba. Timnas menjajaki Singapura," kata Sekjen PSSI, Nugraha Besoes, di Jakarta Senin.

Dalam kualifikasi Piala Asia ini, Indonesia dijadwalkan melawan Kuwait pada 14 dan 18 November mendatang.

Menurut Nugraha, alasan lain karena kondisi tim yang belum lengkap dan tidak adanya penyesuaian tanggal penetapan uji coba, juga membuat PSSI membatalkan rencana laga dengan tim dari negara yang rawan konflik politik ini.

"Pilihan gantinya Timnas akan uji coba lawan Singapura. Jadi kami pastikan untuk timnas senior akan menghadapi laga persahabatan melawan Singapura," kata Nugraha.

Agenda uji tanding ini akan dilaksanakan pada 2 November mendatang. Timnas dijadwalkan kembali ke Jakarta. Dan tidak ada agenda ujicoba berikutnya. Timnas yang ditanganin pelatih Benny Dollo akan bertolak ke Kuwait dari Jakarta, pada 6 Nopember.

Awalnya, Singapura bukanlah pilihan utama timnas Indonesia sebagai negara lawan tanding. Justru timnas U-23 sedianya di proyeksikan menjamu tim negri Singa itu, sebagai uji kekuatan sebelum menuju SEA Games Laos.

Di luar agenda ujicoba timnas senior, BTN dan PSSI pun merancang latih tanding bagi timnas U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games Laos.

Dari beberapa negara yang menjadi kandidat, PSSI memilih Kamboja dan Malaysia sebagai lawan tanding. Meski sudah ditetapkan dua lawannya, namun PSSI belum menentukan tanggal pasti pertandingan.

"Jika memungkinkan, timnas U-23 akan melangsungsungkan empat kali pertandingan, dengan sistem home away. Sayangnya, jadwal ini berpeluang terkendala tempat pertandingan kandang, menyusul pelarangan pengerahan masa termasuk penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hingga 31 November mendatang," katanya.

Nugraha juga mengatakan, soal anggaran senilai Rp10 miliar dibutuhkan PSSI guna menyelenggarakan seluruh ujicoba timnas.

Anggaran itu dirinci untuk timnas U-23 mencapai 2 miliar rupiah, sisanya dibagi rata untuk timnas senior, timnas U-19 dan timnas U-16.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009