Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres Jusuf Kalla dan Wapres terpilih Boediono dengan didampingi istri masing-masing tiba di Gedung MPR/DPR RI guna mengikuti sidang paripurna MPR yang beragendakan pelantikan presiden dan wapres terpilih hasil pilpres 2009.

SBY yang hadir dengan didampingi ibu Ani Yudhoyono tiba pada pukul 09.45 dan disambut Ketua MPR Taufiq Kiemas.

Sepuluh menit sebelumnya, pada pukul 09.35 WIB, Wapres terpilih Boediono dengan didampingi ibu Herawati Boediono tiba di Gedung MPR dan kehadiran mereka disambut Wakil Ketua MPR dari FPG Hajriyanto Y Thohari.

Wapres terpilih itu kemudian dibawa ke ruang VIP Gedung Nusantara guna menunggu Wapres Jusuf Kalla dan Presiden Terpilih Yudhoyono.

Pada pukul 09.40 WIB, Wapres Jusuf Kalla dengan didampingi Ibu Mufidah Kalla tiba di Gedung MPR dan kehadirannya disambut oleh Wakil Ketua MPR dari FPD Melanie Leimena Suharli. Selanjutnya Wapres Kalla bersama Ibu Mufidah dibawa ke ruang VIP Gedung Nusantara.

Kehadiran presiden terpilih hasil pemilu presiden 2009 itu di tangga masuk ruang utama Gedung Nusantara itu disambut Ketua MPR Taufiq Kiemas.

SBY bersama ibu Ani Yudhoyono dan Taufiq Kiemas selanjutnya menuju ruang tunggu VIP Gedung Nusantara menemui Wapres Jusuf Kalla dan Wapres terpilih Boediono, dan beristirahat sejenak sebelum memasuki ruang sidang paripurna.

Prosesi selanjutnya pada pukul 09.50, Ibu Ani Yudhoyono, Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan Ibu Herawati Boediono dengan didampingi Ibu Riatin Hajriyanto, istri Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari, meninggalkan ruang tunggu VIP menuju ruang sidang paripurna MPR.

Lima menit kemudian, pukul 09.55 Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono dengan didampingi Wapres Jusuf Kalla dan Wapres terpilih Boediono meninggalkan ruang tunggu VIP menuju ruang sidang paripurna guna mengikuti acara pelantikan yang akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB.

Setibanya presiden, wapres dan wapres terpilih di pintu ruang sidang paripurna MPR, Wakil Ketua MPR Farhan Hamid dan Lukman Hakim Saefuddin tampak menyambut rombongan tersebut dan bersama-sama mereka memasuki ruang sidang paripurna menuju tempat duduk masing-masing.

Tepat pukul 10.00 WIB, sidang paripurna MPR dimulai dan dibuka dengan kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh hadirin.

Seusai pengumandangan lagu kebangsaan, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Ketua MPR Taufiq Kiemas.

Acara pelantikan presiden dan wapres periode 2009-2014 itu disaksikan pula oleh sejumlah kepala negara/pemerintahan negara sahabat seperti PM Australia Kevin Rudd, PM Malaysia Najib Tun Razak, PM Singapura Lee Hsien Long dan Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009