Liga Inggris

Dipecundangi Newcastle, Bournemouth kian terancam degradasi

Dipecundangi Newcastle, Bournemouth kian terancam degradasi

Pemain sayap Newcastle United Miguel Almiron (kiri) melakukan selebrasi bersama Joelinton (tengah) dan Nabil Bentaleb seusai mencetak gol ke gawang Bournemouth dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Vitality, Bournemouth, Inggris, Rabu (1/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Glyn Kirk)

Jakarta (ANTARA) - Bournemouth kian terancam degradasi setelah dipecundangi tamunya Newcastle United dengan skor 1-4 dalam laga pekan ke-32 Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Vitality, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Dwight Gayle, Sean Longstaff, Miguel Almiron dan Valentino Lazaro secara bergantian menjebol gawang tuan rumah yang cuma bisa dibalas sekali di pengujung laga oleh Dan Gosling, membuat Newcastle memetik kemenangan meyakinkan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Akibat hasil itu, Bournemouth kini melorot ke urutan ke-19 dengan koleksi 27 poin kalah agresivitas gol dibandingkan Aston Villa (27), sedangkan Newcastle (42) mengamankan kembali posisi ke-13 setelah sempat digusur Southampton (40) selama beberapa hari.

Baca juga: Arsenal dekati zona kualifikasi Eropa selepas gulung Norwich
Baca juga: Mohamed Salah ingin terus bertahan dan raih banyak gelar di Liverpool


Laga baru berlangsung lima menit ketika Jefferson Lerma kehilangan penguasaan bola di tepian kotak penalti Bournemouth dan Allan Saint-Maximin segera mengirimkannya ke arah Gayle yang berdiri bebas dan dengan tenang mencetak gol untuk membawa tim tamu memimpin.

Bournemouth berpeluang membalas ketika Adam Smith mengirimkan umpan sundulan yang bisa dijangkau oleh Dominic Solanke, tetapi tembakan penyelesaiannya masih melenceng dari sasaran.

Newcastle justru mampu menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-30 ketika Saint-Maximin piawai mengecoh Smith sebelum mengirimkan umpan yang diselesaikan sempurna lewat tembakan sentuhan pertama Longstaff ke langit-langit gawang.

Keunggulan 2-0 Newcastle bertahan hingga turun minum dan Saint-Maximin hampir menambahkannya lewat tembakan keras yang tampak mengarah tepat ke gawang, tetapi kiper Aaron Ramsdale cukup sigap menepis datangnya bola.

Baca juga: MU dekati lagi empat besar setelah gasak Brighton 3-0
Baca juga: Nasib West Ham ditentukan Aston Villa, kata David Moyes


Pada menit ke-57, Saint-Maximin mencatatkan hattrick assist ketika umpan jauhnya berhasil dikendalikan oleh Almiron dan diselesaikan dengan tembakan yang tak memberi kesempatan Ramsdale melakukan penyelamatan sehingga Newcastle menambah keunggulan jadi 3-0 atas tuan rumah.

Belum puas dengan marjin tiga gol, Newcastle menambahnya lagi pada menit ke-77 ketika Jonjo Shelvey mengirim umpan terobosan yang bisa dikejar Lazaro dan diselesaikan dengan dingin ke gawang Bournemouth.

Semenit berselang, Isaac Hayden membuang kesempatan untuk membawa Newcastle kian menjauh kala bola muntah tembakan jarak jauh Lazaro malah diselesaikan dengan sepakan yang mendarat di tribun sepi tanpa penonton.

Pada menit keempat injury time, sebuah gol hiburan diperoleh tuan rumah ketika Gosling menyontek bola dari jarak dekat memanfaatkan umpan sundulan Nathan Ake, tetapi Bournemouth tetap menutup laga dengan kekalahan telak 1-4 dari Newcastle.

Bournemouth bakal melanjutkan perjuangan mereka menghindari degradasi dengan tantangan berat bertandang ke Old Trafford menghadapi Manchester United pada Sabtu (4/7), sedangkan Newcastle baru main sehari berselang menjamu West Ham United.

Baca juga: Burnley lanjutkan tren positif dengan tundukkan Crystal Palace
Baca juga: Bruno Fernandes merendah tak mau diistimewakan


Susunan pemain:

Bournemouth (4-4-2): Aaron Ramsdale; Adam Smith, Steve Cook (Chris Mepham), Nathan Ake, Lloyd Kelly; David Brooks (Harry Wilson), Philip Billing (Lewis Cook), Jefferson Lerma (Dan Gosling), Arnaut Groeneveld (Junior Stanislas); Joshua King, Dominic Solanke
Pelatih: Eddie Howe

Newcastle United (4-2-3-1): Martin Dubravka; Emil Krafth, Jamaal Lascelles, Federico Fernandez, Javi Manquillo (DeAndre Yedlin); Jonjo Shelvey, Nabil Bentaleb; Allan Saint-Maximin (Valentino Lazaro), Sean Longstaff (Miguel Almiron), Joelinton (Isaac Hayden); Dwight Gayle (Andy Carroll)
Pelatih: Steve Bruce

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar