Tokyo (ANTARA News) - Toyota Motor Corporation (TMC) tampil mengesankan dalam Toyota Motor Show (TMS) 2009, dengan memajang tiga mobil konsep dan mobil balap F1 TF109 di ajang pameran otomotif paling bergengsi di Jepang itu yang mulai dibuka untuk publik akhir pekan ini.

"Saya ingin otomotif dapat selalu menjadi bentuk transportasi yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi semua orang muda atau tua," kata Presiden TMC, Akio Toyoda saat berpidato di depan pers mancanegara yang memadati arena TMS 2009 di Makuhari Messe, kawasan Chiba City Perfecture, sekitar 35 kilometer dari Tokyo.

Pada TMS ke-41 tahun ini, Toyota menampilkan tema "Harmonious Drive, A New Tomorrow for People and the Planet". Tema itu mengekpresikan komitmen Toyota untuk membuat mobil sebagai alat transportasi pribadi namun tetap harmonis dengan kehidupan masyarakat banyak.

Akio Toyoda muncul di arena TMS 2009 menggunakan semacam sepeda motor listrik. Saat berpidato ia tampil ekspresif tanpa teks, berdiri di tengah-tengah tiga mobil konsep kebanggaan TMC tersebut.

Salah satunya adalah Toyota FT-86, mobil sport Toyota yang ditunggu-tunggu publik dunia untuk menjadi salah satu legenda mobil sport baru. FT-86 dalam bahasa Jepang disebut "hachi roku".

Pada dasarnya FT-86 adalah mobil yang mempunyai bodi ringan dengan postur pendek (ceper). Mobil ini menggunakan mesin boxer 2.000 cc. Fitur menarik lainnya adalah warna bodi merah terang dengan bayangan biru.

Mobil konsep TMC lainnya adalah Prius Plug-In Hybrid (PHV).

Menurut Toyoda, inilah Prius pertama yang menggunakan baterai lithium-ion. Mobil dibuat berdasarkan Prius generasi ke-3. Bisa diisi dari tenaga listrik di luar kendaraan, misalnya soket listrik di rumah.

Prius PHV bisa dijalankan dengan atau tanpa baterai terisi. Dengan menggunakan energi listrik yang lebih banyak, efisiensi Prius ini lebih baik dibandingkan dengan hibrida bensin-listrik konvensional.

Toyota menargetkan, konsumsi bahan bakar mobil ini bisa mencapai 55 km/liter atau lebih. Sedangkan emisi karbon dioksida hanya 42 g/km atau lebih rendah lagi.

Saat menjadi mobil listrik bisa digunakan untuk menempuh jarak 20 km atau lebih, dengan baterai terisi penuh. Lama pengisian baterai diperkira 180 menit pada tegangan 100 volt dan 100 menit pada 200 volt.

Mobil konsep ketiga yang ditampilkan TMC adalah FT-EV II. Mobil ini dirancang sebagai mobil listrik jarak dekat atau mobil kota. Dengan bentuk bodi yang lebih kompak dari Toyota iQ, FT-EV II masih bisa memuat 4 penumpang.

FT-EV II dirancang dengan bagian depan rendah. Selain juga dilengkapi kaca tambahan di bawah kaca depan untuk memperluas penglihatan ke depan. Mobil ini menggunakan lampu kombinasi belakang LED yang bisa dilihat langsung.

Meski dirancang untuk kawasan perkotaan semacam Tokyo, mobil listrik dengan panjang 2,73 meter, lebar 1,68 meter dan tinggi 1,49 meter tersebut mampu melaju di atas 100 km/jam dan bisa digunakan sejauh 90 km untuk sekali isi baterai.Kendaraan bertenaga listrik buatan TMC teranyar ini dikhususkan untuk warga perkotaan.

Pada TMS 2009, sebanyak 108 perusahaan otomotif dunia termasuk Jepang memamerkan sejumlah produk teranyar mereka yang memenuhi seluruh ruangan West Hall, East Hall dan Center Hall dari Makuhari Messe yang total luasnya mencapai 54.000 meter persegi.

Jumlah peserta TMS kali ini jauh lebih sedikit dari sebelumnya mengingat sejumlah raksasa otomotif dunia termasuk tiga produsen otomotif besar dari AS, Ford, Chrysler dan GM urung ikut karena alasan krisis ekonomi. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009