Jakarta (ANTARA News) - Anggota Fraksi PDIP DPR Emir Moeis terpilih menjadi Ketua Komisi XI DPR yang membidangi masalah moneter dan perbankan untuk masa persidangan pertama periode 2009-2014.

Dalam rapat perdana Komisi XI yang dipimpin Wakil Ketua DPR Koordinator bidang Kesra Anis Matta di Gedung DPR Jakarta, Rabu, terpilih pula tiga wakil ketua yang akan mendampingi Emir Moeis yakni Achsanul Qosasih dari fraksi Demokrat, Melchias Marcus Mekeng dari fraksi Golkar, dan Sohibul Imam dari fraksi PKS.

Sebelumnya fraksi-fraksi DPR yang berhak mengajukan nama untuk pimpinan komisi itu menyampaikan usulannya. Setelah sejumlah fraksi yang mempunyai hak yakni FPDIP, FPG, FPD dan FPKS melalui juru bicara masing-masing menyampaikan usulannya, Anis Matta segera mengesahkannya.

Seusai pengesahan pimpinan komisi, Anis Matta kemudian secara resmi menyerahkan palu sidang kepada pimpinan Komisi XI DPR yang baru.

Anis mengatakan bahwa sesuai dengan tatib DPR pimpinan komisi tidak boleh merangkap jabatan pada badan lain di DPR, kecuali Pimpinan DPR yang dapat merangkap jabatan sebagai Ketua BURT.

Emir Moeis pada keanggotaan DPR periode sebelumnya menjabat sebagai Ketua Panitia Anggaran DPR dan oleh fraksinya ia kembali ditempatkan pada Komisi XI yang merupakan spesialisasinya.

Sementara itu anggota Komisi XI Sadar Subagyo dari fraksi Gerindra mengharapkan, agar anggota dan pimpinan Komisi XI yang mayoritas adalah muka baru, dapat bekerja sama dengan baik dan melaksanakan tugas sebagai anggota dewan sesuai amanah rakyat.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009