Frankfurt, Jerman (ANTARA News/AFP) - Para bintang Piala Dunia Jerman, Rabu, diperingatkan untuk memakai rompi antipeluru bila mereka meninggalkan hotel tempat timnya menginap di turnamen tahun depan di Afrika Selatan.

Kepala perusahaan pengamanan yang bermarkas di Leverkusen, BaySecur, yang menangani pengamanan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan para tamu mereka saat tim nasional meninggalkan Jerman, mengatakan bara pemain bintang sepak bola mereka, seperti Michael Ballack, harus dijaga ekstra ketat di Afrika Selatan.

BaySecur adalah salah satu perusahaan yang diduga akan dipakai DFB, sementara tim nasional Jerman akan ambil bagian dalam turnamen 11 Juni hingga 11 Juli, saat putaran final diselenggarakan di stadion di Johannesburg.

"Kemungkinannya kecil para pemain keluar dari perbatasan hotel," kata Guenter Schnelle dari BaySecur kepada majalah Sport-Bild.

"Tetapi, bila mereka keluar hotel, mereka harus mendapat pengawalan ketat, dikawal oleh pengawal bersenjata dan para pemain harus memakai rompi antipeluru," katanya.

Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) telah mempertimbangkan membentuk pengamanan di sekitar hotel tim di Pretoria selama Piala Dunia.

Karena tingkat kejahatan yang tinggi di republik tersebut, DFB tidak mau mengambil risiko mengenai keamanan, kata bos keamanan mereka, Helmut Spahn, seraya mengtakan pihaknya akan merekrut 20 pengawal keamanan tambahan untuk tim untuk ditempatkan di akomodasi bintang lima mereka.

Para pengawal pribadi akan melindungi para pemain di dalam dan sekitar hotel Velmore Grande di Provinsi Gauteng, Afrika Selatan.

"Kami akan menggunakan lebih banyak personil dari yang kami gunakan secara normal," kata Spahn, yang pekan depan akan tinggal selama empat hari di Afrika Selatan untuk melakukan pengaturan keamanan.

"Kami pertama ingin mengetahui bentuk pengamanan macam apa yang diberikan kepada tim dan media.

"Kemudian kami akan memutuskan apakah akan menambah langkah pengamanan atau menganggapnya sudah cukup."

Menurut Spahn, hanya sedikit kesempatan DFB akan mengandalkan keamanan pada para petugas keamanan setempat di Afrika Selatan dan pasukan polisi federal Jerman sudah membahas masalah tersebut dengan DFB.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009