Srinagar, India (ANTARA News/AFP) - Tentara India telah menembak mati tiga orang yang diduga gerilyawan termasuk seorang komandan gerilyawan yang dicari, Rabu, dalam bentrokan di Kahsmir India yang dilanda kerusuhan, kata militer.

Gerilyawan-gerilyawan itu tewas di daerah Mahore yang bergunung-gunung, sekitar 180 Km di selatan ibukota musimm panas regional Srinagar, demikian jurubicara militer Biplab Nath.

"Salah satu gerilyawan yang tewas adalah seorang komandan senior Hizbul Majahidin," ujar jurubicara itu, merujuk pada kelompok gerilyawan paling berpengaruh di wilayah itu yang berperang untuk menggabungkan Kashmir India dengan Pakistan.

Ia mengenali komandan yang tewas tersebut sebagai Maqsood Bhat, yang memimpin daftar gerilyawan yang "paling dicari" di daerah itu.

Gerilyawan Muslim telah melancarkan pemberontakan sejak 1989 terhadap pemerintah India di wilayah itu yang telah menyebabkan lebih dari 47.000 orang tewas.

Meskipun ada kematian terakhir tersebut, kekerasan di wilayah itu telah menurun dengan cepat sejak India dan Pakistan, yang pertikaian wilayah mereka mengenai Kashmir telah memicu dua perang, memulai proses perdamaian pada 2004.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009