Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah anggota DPR RI yang telah dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II belum mengajukan pengunduran diri dari anggota DPR kepada pimpinan DPR.

Ketua DPR RI Marzuki Alie di Jakarta, Jumat, mengatakan, dari sejumlah anggota DPR yang telah dilantik menjadi menteri baru Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dari Partai Demokrat yang mengajukan surat pengunduran diri.

"Saya masih menunggu surat pengunduran diri anggota yang lain biar sekalian diprosesnya," kata Marzuki Alie menjawab pertanyaan pers di gedung DPR RI Senayan Jakarta.

Dijelaskan Marzuki, sesuai amanah peraturan undang-undang, seorang pejabat publik tidak boleh merangkap jabatan di eksekutif dan legislatif. Karena itu anggota legislatif yang telah dilantik Presiden sebagai menteri di kabinet harus segera mengajukan surat pengunduran diri.

"Proses penggantian anggota DPR yang terpilih menjadi menteri akan berjalan secara alamiah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Dikatakannya, anggota DPR yang telah dilantik menjadi menteri mangajukan surat permohonan pengunduran diri secara resmi kepada pimpinan DPR dan partainya masing-masing.

Kemudian, partainya mempersiapkan calon pengganti angota DPR yang telah bertugas sebagai menteri dan mengajukannya kepada pimpinan DPR.

"Penggantian anggota DPR dikenal dengan istilah pnggantian antar-waktu (PAW) yang prosesnya paling lama dua bulan," kata Sekjen DPP Partai Demokrat ini.

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Prof Dr Maswardi Rauf mengatakan, proses penggantian anggota DPR yang menjadi menteri bukan persoalan sulit.

Setelah proses PAW dilakukan di DPR, kata dia, pimpinan DPR kemudian menyerahkan nama-nama pengganti anggota DPR tersebut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"KPU kemudian menyampaikan penggantian ini ke Presiden untuk dibuatkan Keppresnya," kata Maswadi.

Pada proses PAW periode sebelumnya pengganti anngota DPR yang di PAW diganti oleh calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) yang sama yang memperoleh suara terbanyak berikutnya.

Sejumlah anggota DPR yang telah dilantik Presiden Yudhoyono menjadi menteri yakni Jero Wacik (PD) menjadi Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Darwin Zahedi Saleh (PD) menjadi Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Syariefudin Hassan (PD) menjadi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Kemudian, Tifatul Sembiring (PKS) menjadi menteri Komunikasi dan Informatika, Zulkifli Hasan (PAN) menjadi Menteri Kehutanan, Suryadharma Ali (PPP) menjadi Menteri Agama, dan Muhaimin Iskandar (PKB) menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009