Berlin (ANTARA News/Reuters) - Bayer Leverkusen membutuhkan gol pada babak kedua dari pemain belakang Manuel Friedrich untuk meraih hasil imbang 1-1 melawan tim tamu Borussia Dortmund pada Jumat dan unggul satu poin di puncak klasemen Bundesliga.

Tim di tempat kedua Hamburg, dengan 21 poin, akan bertandang ke Schalke 04, yang berada di tempat ketiga dengan 19 poin, pada Minggu sementara Bayern Munich, yang berada di urutan keenam, menjamu Eintracht Frankfurt pada Sabtu.

Leverkusen, yang belum terkalahkan pada musim ini, duakali mengancam gawang lawan pada menit-menit pembuka melalui Lars Bender dan Toni Kroos tetapi Dortmund lah yang mencetak gol pertama pada menit kedelapan.

Pemain internasional Paraguay Nelson Valdez bekerjasama dengan baik dengan Nuri Shahin dan melayangkan umpan manis ke area penalti untuk disarangkan pemain asal Argentina Lucas Barrios sehingga membawa tim tamu unggul lebih dulu.

Itu merupakan pertamakalinya Leverkusen kemasukan gol dalam liga sejak pertengahan September.

Tim Dortmund asuhan Juergen Klopp dengan cepat mundur ke area lapangan mereka setelah memimpin karena tim tuan rumah mendominasi penguasaan bola tetapi gagal menciptakan peluang mencetak gol.

Pada babak kedua yang agresif, Leverkusen akhirnya berhasil menerobos garis pertahanan ganda tim tamu ketika Friedrich menyundulkan gol yang menyamakan kedudukan dari tendangan pojok Tranquillo Barnetta pada menit ke-65 sehingga tim tuan rumah mempertahankan laju tak terkalahkan musim ini.

"Kami banyak memberi tekanan pada babak kedua. Para pemain berjuang keras tetapi secara keseluruhan kami tidak bermain bagus," kata pelatih Leverkusen yang berusia 64 tahun Jupp Heynckes, yang sudah bermaksud pensiun tetapi secara mengejutkan mengambil alih tim tersebut musim ini.

"Meskipun demikian Saya senang dengan hasil 1-1, karena Dortmund menunjukkan keberanian. Mereka pantas untuk mendapat satu poin di sini," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009