Roma (ANTARA News/Reuters) - Sulley Muntari dan Wesley Sneijder
menjadi pahlawan dengan memberi kemenangan 2-1 pada pemimpin klasemen sementara Liga Utama Italia (Serie A), Inter Milan, atas Catania di San Siro pada pertandingan Liga Utama Italia, semalam.

Pemain tengah Ghana Muntari membuat juara liga itu unggul terlebih dahulu di menit ke-13 ketika bola lambungnya mengarah ke kotak penalti menuju Samuel Eto`o dan memantul di badannya ketika kiper Catania Andrea Campagnolo berdiri terpaku.

Pemain Belanda Sneijder melepaskan tembakan melengkung ketika ia melakukan tendangan bebas yang gemilang dengan kaki kanannya untuk menggandakan keunggulan Inter tersebut di babak pertama sesaat setelah Patrick Vieira gagal mencetak gola karena bola mengenai mistar gawang saat ia melepaskan tembakan dari jarak dekat.

Inter tampak merasa sudah aman dengan posisinya itu sampai pemain pengganti Catania Giuseppe Mascara mencetak gol untuk memperkecil kekalahan lewat tendangan penalti di sisa waktu enam menit, yang diberikan ketika kiper Inter Julio Cesar menjatuhkan Gianvito Plasmati di kotak penalti saat ia berusaha menembakkan bola ke gawang.

Namun tim tuan rumah Inter akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang pada pertandingan itu yang memberi mereka 22 poin dari sembilan pertandingan, dua poin lebih banyak dari Sampdoria yang menduduki tempat kedua, yang dengan cepat berada di posisi atas setelah menekuk Bologna 4-1.

"Saya senang dengan cara kami bermain di babak pertama dan bagaimana kami berjuang di babak kedua," ujar pelatih Inter Jose Mourinho, yang rekor timnya tanpa kemenangan secara beruntun di ajang Liga Champions terus berlanjut dengan hasil imbang 2-2 saat melawan Dynamo Kiev, Rabu, kepada televisi Sky.

"Memang tidak mudah setelah satu pertandingan di Liga Champions. Saya mengubah posisi beberapa pemain. Kami memiliki sejumlah peluang untuk menutup pertandingan itu yang kami tidak manfaatkan dengan baik, dan kemudian segala sesuatu berubah dengan gol mereka itu."

"Gol itu memberi Catania harapan, membuat kami berada dalam tekanan dan hasilnya belum dapat dipastikan hingga peluit tanda pertandingan berakhir berbunyi."

Pemain depan Sampdoria Giampaolo Pazzini, yang mengenakan maker penutup wajak setelah tulang hidungnya patah pada pertandingan akhir pekan lalu yang berakhir imbang 1-1 dengan Lazio, mencetak gol untuk membuat timnya unggul lebih dahulu sebelum pemain tengah Daniele

Mannini melepaskan tendangan voli untuk menyarangkan gol kedua di menit ke-17.

Reto Ziegler kemudian menambahkan gol ketiga dari luar kotak penalti sebelum Mannini menandukkan umpan Antonio Cassano untuk melengkapi gol keduanya pada pertandingan dan membuat Samp unggul it 4-0 dengan hanya tersisa sepertiga bagian lagi dari pertandingan itu untuk dimainkan.

Pemain pengganti Pablo Osvaldo memanfaatkan pertahanan lemah Sampdoria di babak kedua untuk melesakkan satu gol hiburan bagi Bologna, yang salah seorang strikernya, Marco Di Vaio, dikeluarkan dengan kartu merah setelah mereka tertinggal 0-3 dalam pertandingan pertama mereka di bawah asuhan pelatih baru Franco Colomba.

Juventus and Fiorentina, yang sama-sama menempati urutan ketiga dengan 15 poin, masing-masing bertandang ke Siena dan menjamu Napoli pada Minggu. AC Milan yang berada di posisi kedelapan bertandang ke Chievo Verona di pertandingan akhir.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009