Taipeh (ANTARA News/AFP) - Pejabat tinggi China dijadwalkan memimpin sebuah delegasi pembelian berjumlah "besar" ke Taiwan bulan depan yang menandai hangatnya hubungan di antara dua mantan musuh, kata perusahaan penyelenggara kegiatan dagang Taiwan, Senin.

Delegasi yang akan tiba pada 9 November, dipimpin Liang Baohua, ketua Partai Komunis Cina di timur provinsi Jiangsu, menurut Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan.

Lembaga Kantor Berita Pusat Taiwan mengatakan delegasi China, berjumlah sekitar 1.000 anggota, selama akhir pekan diharapkan menghabiskan lebih dari satu miliar dolar AS saat sini.

Seorang pejabat di dewan pembangunan itu tidak bisa memastikan jumlah pastinya, tetapi hanya mengatakan bahwa delegasi akan "berjumlah besar".

Dewan perdagangan telah mengatur pertemuan antara delegasi China dan manufaktur Taiwan, dengan fokus pada sutra dan serat buatan produk, katanya.

Taiwan dan China terpisah sejak akhir perang sipil 1949, tapi Beijing masih menganggap pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya dan telah bersumpah untuk mendapatkannya kembali, dengan kekerasan jika perlu.

Nyatanya hubungan keduanya telah membaik sejak Mei tahun lalu ketika politikus yang lebih ramah terhadap China, Ma Ying-jeou, diprediksikan menjadi presiden pulau itu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009