Timika (ANTARA News) - Ribuan pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Mimika, Papua, selama beberapa hari belakangan, "menyerbu" Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat untuk mengurus kartu kuning.

Sebagaimana pantauan ANTARA, Kamis pagi, para pencaker berjubel memadati loket pengurusan Kartu kuning di Kantor Disnaker Mimika.

Sejumlah pencaker yang ditemui mengatakan, pengurusan kartu kuning untuk melengkapi berkas lamaran menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Mimika, Philipus Kehek mengatakan tahun ini Pemkab Mimika membuka penerimaan CPNS untuk 597 formasi.

Formasi CPNS tahun ini mencakup sekretaris kampung sebanyak tujuh orang, pengangkatan honorer tanpa tes sebanyak 57 orang, formasi teknis 31 orang, formasi kesehatan 260 orang dan formasi pendidikan 242 orang.

Pengumuman penerimaan CPNS berlangsung 26-31 Oktober, pendaftaran CPNS mulai 3-6 November dan seleksi dilakukan pada 24 November.

Saat pendaftaran CPNS, Badan Kepegawaian dan Diklat Mimika bekerjasama dengan Kantor PT Pos Indonesia Cabang Timika.

Sebanyak 400 CPNS formasi tahun 2008 sampai saat ini masih menunggu keluarnya SK pengangkatan mereka.

Kehek mengatakan, berkas CPNS formasi 2008 telah dikirim ke Badan Administrasi Kepegawaian Nasional (BAKN) Jayapura untuk diproses Nomor Induk Pegawai (NIP).

Profesi PNS masih menjadi idaman para pencaker di Mimika, meski di daerah yang kaya dengan sumber daya pertambagannya ini terdapat banyak perusahaan swasta yang cukup bonafit seperti PT Freeport Indonesia.

Setiap musim pendaftaran CPNS, para pencaker yang mengajukan lamaran ke Pemkab Mimika mencapai ribuan orang.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009