Jika anda berbicara dengan beberapa klub kecil, mereka berada dalam situasi putus asa ...
Jakarta (ANTARA) - Manajer Newcastle United Steve Bruce mengingatkan klub-klub Liga Premier Inggris untuk menyumbangkan dana mereka kepada tim-tim di divisi bawah yang saat ini tengah diambang kebangkrutan karena tekanan finansial akibat pandemi COVID-19.

Wigan Athletic, yang pernah dibesut Steve Bruce, menjadi klub profesional Inggris pertama yang masuk administrasi setelah merebaknya wabah virus corona.

Bruce (59), mengatakan bahwa klub-klub papan atas masing-masing harus mendonasikan setidaknya 2 juta pound untuk mendukung tim-tim di liga sepak bola Inggris.

Baca juga: Saint-Maximin didekati PSG, begini jawaban Steve Bruce

"Dunia ini praktis telah runtuh dalam beberapa bulan terakhir dan saya merasa klub-klub Liga Premier harus ... mencoba dan membantu mendukung liga sepak bola," kata Bruce sebagaimana dilansir Reuters.

"Jika anda berbicara dengan beberapa klub kecil, mereka berada dalam situasi putus asa ... Apa yang saya dengar dari manajer dan eksekutifnya, mereka ada di ambang kehancuran. Jika kita tidak hati-hati, saya yakin kita bisa melihat runtuhnya banyak tim."

"Cetak biru saya ... adalah mengumpulkan beberapa juta pound dan menyuntikkan ke klub yang sangat membutuhkannya. Satu atau dua juta ... di Liga Premier akhir-akhir ini tampaknya tidak ada apa-apanya. Di liga yang lebih rendah itu mungkin bisa menjaga mereka semua berjalan selama satu musim."

Baca juga: Tiga divisi di bawah Liga Premier sepakati rekomendasi potong gaji

Bruce, yang memulai karir bermainnya di klub Gillingham pada liga yang lebih rendah, mengatakan, sangat penting untuk menjaga klub-klub kecil itu tetap bertahan.

"... Sayangnya dalam beberapa tahun terakhir, kami melihat klub berjatuhan sementara mereka telah berjalan selama seratus tahun, beberapa klub ini," tambahnya.

"Orang-orang di divisi bawah bekerja tanpa lelah untuk menjaga klub mereka tetap berjalan ... Apa yang terjadi pada mereka jika kita tidak melakukan sesuatu?"

Newcastle, yang berada di urutan 12 klasemen sementara, akan bertandang ke Manchester City yang berada di posisi kedua pada Rabu.

Baca juga: Liga Premier kucurkan dana untuk klub divisi bawah dan petugas medis

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020