Untuk cegah karhutla, Pangdam minta Sumsel-Jambi selalu koordinasi

Untuk cegah karhutla, Pangdam minta Sumsel-Jambi selalu koordinasi

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan. (FOTO ANTARA/HO-Pendam III/Sriwijaya)

Hal ini karena perbatasan Provinsi Sumsel dan Jambi, seperti di Kecamatan Banyung Lincir, Musi Banyuasin rawan kebakaran hutan dan lahan
Palembang (ANTARA) - Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan meminta Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi harus selalu melakukan koordinasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Hal ini karena perbatasan Provinsi Sumsel dan Jambi, seperti di Kecamatan Banyung Lincir, Musi Banyuasin rawan kebakaran hutan dan lahan," katanya di Palembang, Jumat.

Ia mengatakan Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu daerah rawan akan karhutla, apalagi di Bayung Lencir sehingga harus diantisipasi, 

Kondisi itu, kata dia, merujuk pada pengalaman karhutla sebelumnya di mana anggota TNI berjibaku memadamkan api, namun api sulit dipadamkan.

Apalagi, katanya, pada tahun lalu kemarau cukup panjang sehingga api sulit dipadamkan.

Pangdam juga berharap untuk kawasan Bayung Lencir dua provinsi itu harus saling koordinasi dalam upaya mencegah agar tidak terjadi karhutla serta kebun.

Pihaknya juga mengajak seluruh Pemkab Musi Banyuasin dan masyarakat harus tetap waspada dan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Pangdam juga memastikan kesiapan satuan dalam menghadapi karhiutla dan kebun karena anggota TNI  sudah disiagakan.

Oleh karena itu pihaknya berkunjung ke Kodim 0401/Muba untuk mengajak agar bersama sama mencegah supaya tidak terjadi karhutla dan kebun.

Pihaknya berkunjung ke Kodim 0401 Muba dalam rangka memastikan apakah pelaksanaan tugas program-program yang di berikan sudah berjalan dengan baik atau belum.

"Alhamdulillah di Kodim koordinasi sudah berjalan dengan baik, baik program kerja sendiri maupun membantu pemeritah daerah. Gugus Tugas COVID 19 yang didatangi mulai dari Lampung maupun di Jambi kesemuanya menjalankan tugas dengan baik," katanya.

Pangdam menjelaskan bahwa tidak ada satupun anggota terdampak COVID-19. "Alhamdulillah mereka siap membantu tugas kabupaten dan kota dalam rangka pencegahan dan penanganan COVID-19," katanya.

Kunjungannya ke Kodim 0401/Muba itu juga untuk memastikan persiapan satuan dalam rangka menghadapi karhutla, demikian Irwan.

.Baca juga: Cegah karhutla, KLHK inisiasi TMC di Sumsel dan Jambi

Baca juga: Satgas karhutla Sumsel berjibaku padamkan api di Muaraenim dan Muba

Baca juga: Akibat asap, Pemkab Musi Banyuasin minta maaf kepada warga Jambi

Baca juga: Asap kebakaran hutan Sumsel capai Riau dan Jambi

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

RSKI Pulau Galang siap tampung pasien dari daerah lain

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar