Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh melepas rombongan jamaah haji Departemen ESDM tahun ini berjumlah 93 orang di Loby Gedung Sekretariat Jenderal Departemen ESDM di Jakarta, Senin.

"Ibadah haji merupakan Rukun Islam yang ke lima. Rangkaian pelaksanaan ibadah haji ini berlangsung lama dan melibatkan banyak jamaah dari seluruh dunia," papar Darwin Zahedy Saleh, dalam kata sambutannya.

Darwin menghimbau agar selanjutnya para jamaah haji rombongan Departemen ESDM ini mempersiapkan baik kesehatan fisik maupun kesiapan mental.

"Cuaca di tanah suci mulai dingin terutama pada waktu puncak pelaksanaan ibadah haji nanti, yaitu akhir bulan November dan awal bulan Desember," jelas Darwin.

Menurut Darwin jamaah haji rombongan DESDM haruslah sungguh-sungguh untuk mempersiapkan diri mengingat cuaca di Mekkah semakin dingin yang diperkirakan hingga 20 derajat celsius.

"Di samping mempersiapan kehandalan fisik dan mental jamaah juga perlu membawa perlengkapan yang cukup serta obat- obatan yang diperlukan," himbau Darwin lagi.

Menteri berharap rombongan jamaah dapat memanfaatkan kesempatan beribadah tahun ini dengan memantapkan niat, selalu mensyukuri nikmat, belajar meng-evaluasi hidup serta lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

"Essensi naik haji adalah, orang yang dipanggil Tuhan dimana ada kemungkinan dapat kembali dan ada yang tidak kembali, dan bagi mereka yang kembali sudah seharusnya memiliki akhlak lebih baik dari sebelumnya," tambah Darwin.

Labaik Allahuma Labaik, Labaik la Sharika laka Labaik.

"Selamat jalan, semoga tetap dalam lindungan Allah SWT, kembali ke tanah air dengan selamat dan mendapat predikat haji yang mabrur," ucap Menteri.
(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009