Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Petenis Prancis Aravane Rezai menjadi pemain pertama yang lolos ke semifinal "Commonwealth Bank Tournament of Champions" setelah meraih dua kemenangan dari dua pertandingan pertamanya.

Pada pertandingan keduanya dalam Grup D melawan Melinda Czink dari Hungaria di Bali International Convention Center Nusa Dua, Bali yang masih sepi penonton, Kamis, Aravane meraih kemenangan dua set langsung 6-3, 7-5 atas petenis peringkat 39 dunia tersebut.

Tertinggal 0-2 pada set pertama, petenis peringkat 44 dunia itu membalas melakukan "break" pada game ketiga dan ketujuh untuk memimpin 4-3 atas Melinda setelah petenis Hungaria itu melakukan kesalahan ganda.

Aravane kemudian memenangi set tersebut setelah kembali melakukan "break" pada game kesembilan setelah melalui tiga "deuce" ketika pengembalian Melinda jatuh di luar bidang lapangan.

Melinda yang mengalahkan Aravane di Beijing tahun lalu, bangkit untuk memimpin pada set kedua dan tampak seperti akan memaksakan set penentuan ketika ia unggul 5-1.

Namun Aravane yang sudah memenangi pertandingan pertamanya melawan petenis "wildcard" Sabine Lisicki yang menjadi unggulan kedua dalam turnamen berhadiah total 600.000 dolar AS itu, bangkit untuk meyamakan kedudukan 5-5.

"Set kedua adalah set yang sulit, mental saya jatuh dan sulit untuk terus berjuang," kata Aravane setelah lawannya bermain agresif dengan terus menekan dan maju ke depan net.

"Tetapi setelah tertinggal 1-5 saya katakan `ok` saya main tanpa beban, dan ini pertandingan grup, kalau pun saya kalah masih ada peluang untuk maju ke semifinal melalui selisih game, sehingga saya memilih untuk terus berjuang," kata Aravane.

Ia kemudian memenangi dua game terakhir untuk membukukan kemenangan dan meraih satu tempat di semifinal.

"Ketika saya mendorong bola lebih keras dan dia menjadi semakin gugup, saya memanfaatkan itu untuk meningkatkan permainan saya untuk memenangi pertandingan," tambahnya.

Lelah

Sementara itu Melinda yang mengatakan bahwa sebenarnya lapangan yang digunakan dalam turnamen tersebut sesuai dengan permainannya, namun ia kehilangan set kedua karena keluar dari pola permainannya akibat lelah.

"Saya agak lelah sehingga keluar dari rencana permainan saya," kata Melinda yang lolos ke turnamen akhir tahun tersebut setelah meraih kemenangan pada turnamen Bell Challenge di Quebec City, Kanada.

Ia juga memuji Aravane yang bermain gigih sepanjang pertandingan.

Dalam pertandingan pertama Grup D, Aravane bangkit dari ketertinggalan set pertama untuk mengalahkan Sabine Lisicki 1-6, 6-3, 6-4.

Pertandingan terakhir babak "round robin" Grup D akan mempertemukan Sabine dengan Melinda Jumat (6/11).
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009