Bulu tangkis

Eng Hian jadikan turnamen internal PBSI sebagai seleksi pemain

Eng Hian jadikan turnamen internal PBSI sebagai seleksi pemain

Pelatih kepala ganda putri pelatnas PBSI Eng Hian. ANTARA/Imam Santoso/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih ganda putri Eng Hian mengaku turnamen internal PBSI di Cipayung, Jakarta, 15-17 Juli akan dijadikan seleksi pemain yang bakal dikirim ke turnamen resmi mengingat dalam empat bulan terakhir vakum karena pandemi.

"Untuk tim ganda putri, turnamen ini bisa dibilang tempat seleksi yang nantinya berpengaruh ke pengiriman ke turnamen resmi. Semoga ini bisa membuat mereka terpacu," kata Eng Hian seperti dilansir laman resmi PBSI di Jakarta, Selasa.

Turnamen internal PBSI mempertandingkan semua nomor yang dimulai dari ganda putra, ganda campuran dan tunggul putra. Selanjutnya ganda putri dan akan ditutup dengan pertandingan tunggal putri.

Baca juga: Tekuk Shesar, Ginting juara turnamen internal PBSI

Eng Hian menambahkan selain untuk seleksi, turnamen ini juga diharapkan mampu memunculkan aura kompetisi ketat sehingga mampu mengembalikan kemampuan pemain sebelum turun di ajang resmi.

"Manfaatnya tentunya bagus, sudah lebih dari empat bulan tidak bertanding. Pelatih berharap mereka bisa manfaatkan home tournament ini sebagai pengganti turnamen. Bisa dapat aura kompetisinya juga," kata Eng Hian menambahkan.

Sama seperti sektor lainnya, sektor ganda putri akan bertanding dengan sistem setengah kompetisi. Sebelas pasang ganda putri dibagi ke dalam empat grup dan akan memperebutkan peringkat dua terbaik di setiap grup untuk lolos ke babak perempat final.

Baca juga: Praveen/Jordan juara turnamen internal PBSI

Dalam turnamen internal PBSI ini, ganda putri terbaik Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu dipisah karena kualitas permainan mereka dinilai oleh jajaran pelatih masih di atas ganda putri pelatnas yang lain.

"Kalau dipasangkan juga untuk apa? Tidak ada poinnya. Jadi lebih baik dipisah untuk memberikan pengalaman pada pasangannya. Kami mau beri kesempatan kepada pemain lain untuk mengalahkan Greysia dan Apriyani walau sudah terpisah. Kalau Greysia/Apriyani tetap dipasangkan, pertandingan jadi tidak menarik," kata Eng menjelaskan.

Baca juga: Fajar/Yeremia juarai ganda putra dengan kalahkan Kevin/Reza

Berikut hasil undian ganda putri turnamen internal PBSI :

Grup I
Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Amallia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma

Grup J
Greysia Polii/Febby Valencia Dwijayanti
Melani Mamahit/Tryola Nadia
Kelly Larisa/Savira Nurul Husnia

Grup K
Apriyani Rahayu/Mychelle Chrystine Bandaso
Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allesya Rose
Agatha Imanuela/Yulfira Barkah

Grup L
Nita Violina Marwah/Putri Syaikah
Jesita Putri Miantoro/Lanny Tria Mayasari
Febi Setianingrum/Nethania Irawan

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Juara Indonesia Masters, Greysia/Apriyani menang secara dramatis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar