Satu tenaga kesehatan di Garut positif COVID-19

Satu tenaga kesehatan di Garut positif COVID-19

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Satu tenaga kesehatan di Puskesmas Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap sehingga pelayanan di puskesmas tersebut ditutup untuk mengantisipasi penyebaran virus.

"Untuk kasus baru KC-28 merupakan tenaga medis dari Puskesmas Bagendit, saat ini sudah mendapatkan perawatan," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Selasa.

Ia menuturkan tenaga medis positif COVID-19 itu melakukan tes usap pada 15 Juni 2020 atau sebulan lalu, kemudian hasilnya baru diketahui saat ini dari Laboratorium Provinsi Jabar.

Pasien positif itu, kata dia, merupakan kasus kedua dalam sepekan ini setelah tenaga kesehatan di Puskesmas Cempaka, Kecamatan Karangpawitan.

Baca juga: Petugasnya positif COVID-19, Puskesmas Cempaka di Garut ditutup

Baca juga: Pemerintah Garut berencana periksa 27.000 orang untuk deteksi COVID-19


Menurut dia, kasus terakhir itu kemungkinan penularannya lokal karena selama ini pasien tersebut tidak pernah pergi ke luar kota.

"Kemungkinan tertular masih di Garut, soalnya dia tidak pernah keluar kota, kami terus lakukan penelusuran," katanya.

Pelayanan di dua puskesmas itu sementara ditutup untuk menghindari penyebaran wabah COVID-19 di lingkungan kerja maupun kepada pengunjung atau pasien.

Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Garut sudah bergerak ke lapangan untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang pernah kontak fisik dengan pasien positif.

"Kami berharap tim di lapangan bisa bergerak cepat agar bisa menemukan orang yang pernah kontak dengan pasien positif," katanya.*

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Garut tersisa satu orang

Baca juga: Setelah tiga bulan tutup, Taman Satwa Cikembulan Garut kembali dibuka

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cara generasi muda jaga ketahanan pangan di masa pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar