Bogor (ANTARA News) - Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) sedang mengembangkan bursa kerja secara "online" dengan memanfaatkan teknologi informasi (TI) melalui laman www.infokerja.web.id.

"Berkaitan dengan upaya penanggulangan pengangguran melalui perluasan kerja, dan untuk mempertemukan pencari kerja dan pengguna tenaga kerja, selali melalui `job fair`, kami mengembangkan bursa kerja secara `online`," kata Menakertrans A Muhaimin Iskandar pada acara "Bursa Kerja: IPB Job Fair & IPB Entrepreneur Expo" di Institut Pertanian Bogor (IPB) International Convention Center" di Bogor, Jawa Barat (Jabar), Sabtu.

Ia menjelaskan, hingga akhir tahun 2008, bursa kerja "online" itu telah dikembangkan di 107 lokasi, yang tersebar di seluruh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten/kota dan provinsi, termasuk di beberapa perguruan tinggi (PT).

Beberapa PT itu diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Udayana (Unud) dan Universitas Brawijaya (Unibraw).

Sedangkan pengembangan pada tahun 2009, katanya, direncanakan akan dilaksanakan di 146 Disnakertrans kabupaten/kota, sehingga seluruh lapisan masyarakat, baik pencari kerja maupun pemberi kerja dapat memanfaatkan laman tersebut secara gratis.

Pada bagian lain, A Muhaimin Iskandar mengatakan, program Kabinet Indonesia Bersatu II adalah menurunkan angka pengangguran dari 8,14 persen menjadi 5,1 persen, dan itu merupakan tantangan yang sangat berat.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh komponen bangsa, termasuk PT, bekerja sama, saling bahu membahu untuk secara bersama-sama membuka kesempatan kerja di berbagai bidang untuk menurunkan angka pengangguran.

Permasalahan ketenagakerjaan yang dihadapi bangsa Indonesia, katanya, saat ini cukup sulit, karena tidak imbangnya pertumbuhan angkatan kerja dengan kesempatan kerja yang tercipta, sehingga perlu segera diantisipasi.

Ketidakseimbangan tersebut, kata dia, berakibat penyerapan terhadap angkatan kerja relatif terbatas dan tidak proporsional, sehingga angka pengangguran masih tinggi, yaitu sebesar 9,26 juta orang dengan tingkat pengangguran sebesar 8,14 persen, berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2009.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Dr Ir Dodik Ridho Nurrochmat, MSc, F.Trop mengatakan, "job fair"dan "entrepreneur expo" yang digagas IPB selama dua hari (7-8 /11) diharapkan dapat memperkuat jaringan dan pemasaran wirausaha dari kalangan civitas akademika IPB.

Kegiatan itu, kata dia, sebagai upaya IPB dalam memberikan yang terbaik bagi pengembangan kewirausahaan yang digeluti oleh keluarga besar IPB baik alumni, mahasiswa maupun dosen.

"Kami berharap kegiatan `job fair` dan `entrepreneur expo` ini dapat membangkitkan gairan wirausaha di IPB," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009