Di Bengkulu, penyaluran BLT Dana Desa mencapai Rp65 miliar

Di Bengkulu, penyaluran BLT Dana Desa mencapai Rp65 miliar

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bengkulu Ismed Saputra. (ANTARA/Carminanda).

Jadi kabupaten yang paling banyak menyalurkan BLT Dana Desa yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah dan yang paling sedikit itu Kabupaten Seluma
Bengkulu (ANTARA) - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Provinsi Bengkulu sudah mencapai Rp65 miliar lebih, kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bengkulu Ismed Saputra.

"Kalau angka pastinya sudah Rp65.719.204.800 BLT yang bersumber dari Dana Desa di Bengkulu yang sudah disalurkan ke keluarga penerima manfaat yang terdampak pandemi COVID-19," kata dia di Bengkulu, Jumat.

Ia menjelaskan angka Rp65 miliar lebih tersebut merupakan jumlah sementara penyaluran BLT Dana Desa dari tiga tahap.

Rinciannya, Kabupaten Bengkulu Selatan telah menyalurkan Rp5,3 miliar lebih, Kabupaten Bengkulu Tengah Rp12,5 miliar lebih, Kabupaten Bengkulu Utara Rp11,3 miliar lebih, Kabupaten Kaur Rp2,3 miliar lebih, Kabupaten Kepahiang Rp8,8 miliar lebih, Kabupaten Lebong Rp4,1 miliar lebih, Kabupaten Mukomuko Rp9,2 miliar lebih, Kabupaten Rejang Lebong Rp10,8 miliar lebih, dan Kabupaten Seluma Rp856 juta lebih.

"Jadi kabupaten yang paling banyak menyalurkan BLT Dana Desa yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah dan yang paling sedikit itu Kabupaten Seluma," paparnya.

Baca juga: Mendes PDTT hubungi petugas korban begal saat kawal BLT Dana Desa

Ia menambahkan sejauh ini masih ada dua kabupaten lagi yang hingga kini belum menyalurkan BLT Dana Desa tahap kedua yaitu Kabupaten Kaur dan Kabupaten Seluma.

Untuk tahap pertama, kata dia, seluruh kabupaten telah selesai menyalurkannya dengan total dana sebesar Rp41,1 miliar untuk 68.605 keluarga penerima manfaat di 1.077 desa di Provinsi Bengkulu.

Saat ini sudah ada beberapa desa di tiga kabupaten yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Kabupaten Kepahiang yang sudah masuk tahap ketiga penyaluran BLT Dana Desa.

"Nilai penyaluran tahap dua sementara ini sebesar Rp23,1 miliar lebih dengan total KPM mencapai 38.591, sedangkan tahap tiga sementara ini penyalurannya baru Rp1,4 miliar lebih karena baru tiga kabupaten," demikian Ismed.

Baca juga: Sepakat, calon penerima BLT Dana Desa mulai Juli di Bantul, KPM baru
Baca juga: KPK apresiasi Kemendes PDTT soal penyaluran BLT Dana Desa

Pewarta: Carminanda
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bengkulu dan Riau dukung Sumbar berlakukan pembatasan selektif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar