Singapura (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan melakukan pertemuan dwipihak dengan Perdana Menteri Papua Nugini Sir Michael Somare menjelang pertemuan puncak Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Singapura, 14-15 November.

"Presiden dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Papua Nugini Jumat sore," kata Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal di Hotel Marina Mandarin, Singapura, Jumat.

Pertemuan antara Presiden Yudhoyono dengan Perdana Menteri Somare merupakan satu dari sejumlah pertemuan dwipihak yang akan dilakukan oleh Presiden di sela-sela rangkaian pertemuan puncak APEC.

Sebelumnya kepala negara akan menerima Presiden China Hu Jintao. Dan dalam beberapa hari mendatang Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

Pada kesempatan itu Dino tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai agenda dari pertemuan antara kedua kepala pemerintahan itu. Namun, Presiden Yudhoyono telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Somare.

Perdana Menteri Somare juga hadir dalam pertemuan PBB tentang perubahan iklim di Bali, pada Desember 2007. Kedua kepala pemerintahan menyatakan dukungannya untuk kesuksesan pertemuan PBB tentang perubahan iklim yang akan menentukan suatu mekanisme baru pengganti Protokol Kyoto yang masa berlakukan akan habis pada 2012.

Pada Desember 2009, dunia internasional akan menantikan rangkaian terakhir pertemuan PBB tentang perubahan iklim di Copenhagen, Denmark.

Sebelumnya, pada Kamis (12/11) Presiden Yudhoyono telah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana, Dan salah satu topik pembahasan adalah upaya bersama mendorong suksesnya pertemuan di Copenhagen.

Presiden Yudhoyono, sebagai salah satu penggagas pertemuan PBB tentang perubahan iklim di Bali, aktif menekankan arti penting keterlibatan dunia internasional mensukseskan pertemuan Copenhagen.

Pada Jumat sore, Presiden juga dijadwalkan memberikan pidato dalam pertemuan puncak para pemimpin perusahaan besar (CEO Summit) yang selalu mengawali APEC. Presiden akan berbicara mengenai pertumbuhan ekonomi global.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009