Jakarta (ANTARA News) - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan bahwa realisasi belanja stimulus fiskal tahun 2009 hingga saat ini menunjukkan perkembangan bagus dan pada akhir tahun akan mencapai sasaran.

"Saya kira stimulus kita tahun ini bagus spendingnya, laporan terakhir misalnya dari Departemen PU pada kuartal III itu mencapai 50 persen. Itu kan yang terbanyak menyerap dana stimulus fiskal," katanya.

Menko Perekonomian menyatakan hal itu usai melantik dan memberikan penghargaan kepada sejumlah pegawai di lingkungan Kantor Menko Perekonomian di Jakarta, Jumat.

Ia menyatakan optimismenya bahwa penyerapan dana stimulus fiskal tahun 2009 sebesar sekitar Rp70 triliun pada 2009 akan sesuai dengan sasaran pada akhir tahun nanti.

"Kalau bicara stimulus kan ada fiskal dan non fiskal, tetapi pada intinya kita ingin mendorong tidak ada gangguan dalam kondisi transisi ini, ekor dari kondisi krisis di luar kan masih ada," katanya.

Sebelumnya pertemuan para menteri di Singapura dalam forum APEC pada Rabu (11/11), membahas masalah krisis ekonomi global. Mereka berharap agar kondisi ini tidak berlangsung lama dan segera pulih.

Delegasi Singapura menyampaikan pesan bahwa forum APEC sebaiknya dimanfaatkan untuk membicarakan masalah pemulihan ekonomi, reformasi lembaga-lembaga keuangan dan menolak kebijakan proteksi.

Sementara Bank Dunia menyerukan agar para kepala pemerintahan memberikan stimulus ekonomi hingga tahun depan.

"Masalah stimulus ini tidak hanya dibahas di APEC saja tetapi juga di G-20." kata Hatta Rajasa. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009