Jakarta, 16/11 (ANTARA) - Kota Yogyakarta ditetapkan sebagai kota tujuan wisata terbaik, sehingga berhak mendapkan Indonesia Tourism Award (ITA) 2009. Sementara sembilan kota tujuan wisata terbaik lainnya adalah Denpasar, Malang, Surabaya, Tana Toraja, Manado, Kutai Kertanegara, Badung (Bali), Solo, dan Lombok Barat.

     Untuk penghargaan khusus (Tourism Special Award) diberikan kepada Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Manggarai Barat, Kota Jember, Kota Purbalingga, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dan Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki keunggulan dan keunikan pariwisata.

     Penghargaan ITA 2009 yang pertama kali diberikan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) atas kerja sama dengan Majalah SWA ini disampaikan oleh Menbudpar Jero Wacik di Hotel Nikko Jakarta, Jumat (13/11) malam.

     Menbudpar Jero Wacik menyatakan, Indonesia Tourism Award ini dimaksudkan untuk mendorong serta menggairahkan industri pariwisata nasional, "ITA ini baru pertama kalinya, tetapi langkah ini akan menjadi sejarah pada masa depan," kata Menbudpar Jero Wacik.

     Pemberian ITA berdasarkan hasil survei terhadap 1.625 responden di 25 kota di seluruh Indonesia berdasarkan angka Pendapatan Regional Daerah (PRD) dari sektor pariwisata. Dari jumlah ini dipilih 10 kota terbaik (top ten). Terpilihnya kota Yogyakarta sebagai Kota Tujuan Wisata Terbaik berdasarkan survei dengan indeks kepuasan responden sebesar 90,96 dan parameter konsumen untuk merekomendasikan kepada masyarakat atau net promoter score (NPS) sebesar 97,8.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009