Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ)mewisuda 2.262 lulusan dalam upacara yang dipimpin Rektor universitas itu Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd, di Jakarta, Rabu.

Para ulusan yang diwisuda itu terdiri atas 371 orang program Diploma, 1.353 orang Sarjana Pendidikan, 196 Sarjana Nonkependidikan, 231 orang Magister Pendidikan, dan 111 orang Doktor Pendidikan. Jumlah Alumni UNJ hingga kini mencapai 70.987 orang.

Rektor dalam sambutannya mengharapkan, para lulusan UNJ mampu membangun rasa percaya diri untuk hidup mandiri, dan menjadi pembelajar berjiwa pendaki (Climber).

"Para lulusan UNJ yang menerima ijazah sebagai bukti fisik, harus melengkapinya dengan kemampuan dasar, intelektual, rasa pecaya diri, sikap interprneurship yang tangguh serta motivasi untuk menjadi yang tebaik," katanya.

Disamping itu, para lulusan juga harus sanggup bekerja keras, konsisten dan persisten dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, kan membuat mereka mampu menghadapi persaingan yang ketat dan mampu mengembangkan nama baik almamaternya.

"Bagi yang belum bekerja, harus memiliki kemampuan untuk dapat menetapkan pilihan agar dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya atau menciptakan pekerjaan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki," katanya.

Rektor menjelaskan, dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, UNJ telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri, seperti Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Banten, Pakab Bogor, Pemko Bogor, pemko Depok, Pemko Bekasi, Pemprov Gorntalo, Pemprov Babel dan Pemprov Papua Barat.

UNJ juga bekerjasama dalam peningkatan kualifikasi akademik para guru di berbagai jenjang, dalam rangka memenuhi tugas yang diamanatkan UU No.14/2005 tentang Guru dan Dosen.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009