Madrid,(ANTARA News) - Spanyol menandai kemenangan mereka di Euro 2008 di Stadion Vienna dengan mengandaskan 10 pemain Austria 5-1 sedangkan Jerman ditahan imbang 2-2 oleh Pantai Gading dalam pertandingan persahabatan internasional Rabu.

David Villa mencetak gol dua kali untuk juara Eropa itu pada laga di Stadion Ernst Happel, mirip dengan kemenangan Spanyol 1-0 di final atas Jerman tahun lalu, sehingga jumlah golnya menjadi 35 dalam 54 penampilannya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Gol saat "injury time" yang dilakukan Lukas Podolski menyelamatkan Jerman di Gelsenkirchen dan Giorgio Chiellini mencetak gol ketika tim percobaan Italia mengalahkan Swedia 1-0 di Cesena.

Austria, yang gagal maju ke Piala Dunia tahun depan, tampil mengejutkan ketika memimpin melalui Jakob Jantscher pada menit kedelapan tetapi Cesc Fabregas menyamakan kedudukan untuk Spanyol dua menit kemudian.

Yasin Pehlivan dikeluarkan dari lapangan karena melakukan gerakan keras kepada Sergio Busquets menit ke-26 dan Villa menggebrak dua kali sebelum turun minum.

Pemain pengganti Spanyol Dani Guiza dan Pablo Hernandez melengkapi koleksi angka kemeangan tim mereka pada babak kedua.

"Saya gembira datang ke sini lagi dan teringat dengan perasaan luar biasa tentang kemenangan yang lalu," kata Villa dalam wawancara televisi, "Saya kira kami pantas mendapatkan kemenangan ini karena kami bermain bagus."

Jerman memimpin menit ke-11, ketika Guy Demel menjatuhkan Stefan Kiessling dan Podolski melakukan tugasnya dengan baik dari titik penalti.

Pantai Gading menyamakan kedudukan ketika penjaga gawang pengganti Manuel Neuer mencoba menghalau bola, namun si kulit bundar mental ke arah Emmanuel Eboue dan bola melambung ke dalam gawang.

Seydou Doumbia membuat tim tamu memimpin pada menit ke-85, sebelum Podolski melakukan gebrakan lagi tiga menit menjelang akhir pertandingan.

Pelatih Joachim Loew mengatakan, tidak mudah bagi Jerman untuk bermain bagus setelah bunuh diri penjaga gawang mereka Robert Enke minggu lalu.

"Tapi para pemain fokus pada pertandingan dan seperti Anda lihat, mereka mampu bertanding dengan bagus dan mereka menginginkan kemenangan," katanya.

Bek tengah Juventus, Chiellini, mencetak angka kemenangan bagi juara dunia Italia pada menit ke-28 di Cesena, setelah Giampaolo Pazzini mencetak angka dari rusuk kanan gawang.

Denmark sempat kecolongan di Aarhus sebelum mengalahkan Amerika Serikat 3-1 lewat gol babak kedua yang diciptakan Johan Absalonsen, Soren Rieks dan Martin Bernburg.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009