Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara khusus meminta kepada Kwarnas Gerakan Pramuka untuk membenahi kawasan pusat latihan Pramuka di Cibubur karena lokasi itu salah satu citra Gerakan Pramuka.

"Itu adalah pusat, dimana siapa pun pramuka kita datang dari semua wilayah harus mengatakan itu tertata dengan baik, menggambarkan training centre," kata Presiden saat melantik pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di halaman Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Presiden, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka mengatakan masukan itu disampaikannya terkait kondisi bumi perkemahan Cibubur yang dirasakannya.

Kepala Negara mengatakan ia dan keluarganya secara rutin beraktivitas olah raga seperti jalan pagi di kawasan itu sejak 1998 hingga pada tahun-tahun awal masa jabatannya sebagai Presiden.

"Dulu saya sering lari atau jogging di Cibubur, sering, tiap bulan saya 1998-1999 sampai menjadi Presiden tahun pertama dan kedua, saya pikir luas tapi kurang terawat, masih ada bau tak sedap, sampah dan lain-lain, itu tidak boleh," katanya.

Oleh karena itu Presiden meminta kepada Ketua Kwarnas Pramuka untuk berkonsultasi dengan kementerian terkait sehingga pusat latihan Pramuka kembali menjadi kawasan yang bersih dan tertata dengan baik.

"Tentu butuh anggaran, tolong menteri terkait, pikirkan sarankan pada saya, dalam batas kemampuan anggaran negara kita," kata Presiden yang didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono dalam acara tersebut.

Hadir dalam acara itu sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Ketua Mahkamah Agung Harifin A Tumpa, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dan Ketua DPD Irman Gusman.

Prof.DR.Dr. Azrul Azwar, M.P.H dilantik sebagai Ketua Kwarna Pramuka didampingi oleh tujuh wakil ketua masing-masing Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kerja sama Laksma TNI (Purn) Dr. Amoroso Katamsi, Sp.KJ,M.M., Wakil Ketua Bidang Kepramukaan dan Saka Mayjen TNI Hatta Syafruddin,S.H., Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Penelitian Prof.DR. Jana Tjahjana Anggadiredja M.Sc,Apt.

Wakil Ketua bidang Abdimas dan Siaga Bencana dijabat oleh Marsda TNI Eris Herryanto,MA, Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika DR.PA. Kodrat Pramudho,S.K.M, M.Kes, Wakil Ketua Bidang Usaha dan Kemitraan Dra.Bray Sri Hardani Hadikusumo,M.S dan Wakil Ketua bidang Internasional DR.Irid F Agoes,M.A.

Sekjen Kwarnas dijabat oleh Dr. Joedyaningsih SW, M.Sc (PH).

Pengurus Kwarnas Pramuka periode 2008-2013 berdasarkan Keputusan Presiden nomor 90/M tahun 2009, ditetapkan 11 Agustus 2009. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009